|
Follow Us :

Kepala BNPB Doni Monardo Sebut Jika Tangan Sentuh Sesuatu Jangan Pegang Mata, Hidung-Mulut

Kali Dibaca



Doni Monardo (Foto: dok BNPB)
Mediaapakabar.com-Kepala BNPB Doni Monardo meminta kepada seluruh masyarakat untuk selalu membersihkan tangan sebelum ke tempat umum. Apabila tangan menyentuh sesuatu saat berpergian, Doni mengimbau agar tak menyentuh mata, hidung dan mulut.

"Ketika berpergian apabila tangan disengaja atau tidak disengaja menyentuh sesuatu jangan coba-coba memegang mata, hidung, dan mulut," ujar Doni saat jumpa pers melalui siaran resmi Biro Pers Presiden, Selasa (24/3/2020).

Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 itu meminta warga untuk membersihkan tangan jika ingin memegang wajah. Dia mengimbau untuk mencuci tangan dengan cara yang benar sesuai dengan arahan petugas medis.

"Apabila ingin memegang mata, hidung dan mulut harus dan wajib mencuci tangan terlebih dahulu sebagaimana yang telah disampaikan oleh para pejabat, termasuk juga banyak relawan-relawan kita di bidang medis mencontohkan mencuci tangan dengan baik," jelasnya.

Selain itu, Doni juga meminta Gubernur minindak tegas apabila ada masyarakat yang tidak mengikuti instruksi untuk mencegah penularan Corona. Dia meminta Gubernur bekerja sama dengan TNI dan Polri di tingkat daerah.

"Kemudian juga penegakan hukum ke depan harus menjadi prioritas karena keppres No 7 Tahun 2020 Gubernur memiliki kewenangan untuk memberikan penegakan hukum dengan menggunakan aparat yang ada mengingat Kapolda dan Pangdam ada di bawah Gubernur," ujarnya.


Sumber : Detik.com
Komentar

Berita Terkini