Isu Warga Tanjung Balai Terpapar Corona,Setelah Hasil Pemeriksaan Ternyata Negatif

Media Apakabar.com
Selasa, 17 Maret 2020 - 19:17
kali dibaca

Mediaapakabar.com-Wali Kota Tanjungbalai, H.M Syahrial SH,MH  menyampaikan penjelasan terkait salah seorang warga MTA (42) yang kemaren dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Adam Malik, Medan oleh Dinas Kesehatan Tanjungbalai sampai hari ini berdasarkan informasi yang saya terima dari Dinas Kesehatan bahwa orang yang bersangkutan negatif Virus Corona dan yang bersangkutan menderita Bronkitis.  "Alhamdulillah, Hasil Laboratorium dari Pihak Rumah Sakit Umum Adam Malik, beliau negatif terpapar Virus Corona" Ujar Wali Kota.

Karena itu, saya meminta kepada seluruh pihak untuk bersama sama menjaga situasi Kota Tanjungbalai yang kita cintai ini tetap kondusif, jangan cepat mengeluarkan pernyataan ataupun menyebar informasi yang belum dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya di media sosial maupun di Grup Whatsapp manapun. Apabila ada informasi yang didapat terkait isu adanya warga yang terinfeksi Virus Corona, saya minta segera laporkan ke pihak terkait dalam hal ini Dinas Kesehatan Kota Tanjungbalai ataupun langsung ke Pemerintah Kota lewat Seketaris Daerah dan jangan mengambil sikap sendiri.

Hal ini dikatakan Wali Kota disela-sela aktifitasnya di Kantor Wali Kota (Selasa, 17/3/2020)
“Saya menghimbau masyarakat Kota Tanjungbalai untuk tetap tenang, jangan terpengaruh oleh informasi dan isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Kebenaran informasi adanya pasien yang sakit dan diduga terinfeksi  akibat Virus Corona harus menunggu hasil pemeriksaan laboratorium terlebih dahulu,” kata Wali Kota.

Dalam keterangannya, Wali Kota membenarkan adanya pasien bernama MTA, warga Jalan DI Panjaitan Lk V Kelurahan Sejahtera Kecamatan Tanjungbalai Utara yang dirujuk ke RSUD Adam Malik, Medan karena diduga terpapar virus Corona. Namun, kata Wali Kota, berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium awal yang diterima bahwa yang bersangkutan negatif terpapar Corona Virus dan menderita bronkitis, namun kita juga tetap menunggu hasil laboratorium secara menyeluruh dari pihak RSUD Adam Malik, Medan dalam waktu 3 hari kedepan.

“Sejak Kemaren beredar informasi yang menyebutkan ada warga masyarakat penderita Virus Corona di Kota Tanjungbalai. Kemudian informasi ini beredar luas di media sosial. Sampai tadi pagi  masyarakat baru saya terima informasi bahwa beliau akan segera kembali ke Tanjungbalai karena telah mendapat persetujuan dari RSUD Adam Malik, Medan bahwa negatif Virus Corona,” jelas wali kota.

Untuk mencegah isu itu bergulir liar tanpa terkendali, Wali Kota pun meminta Pihak Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tanjungbalai untuk terus bekerja dan memantau apabila ada warga yang mengalami gejala seperti terinfeksi virus Corona untuk segera dipantau dan ditangani dengan cepat.

“Mari kita sama-sama kita menyikapi hal ini dengan arif dengan bijaksana. Isu Virus Corona ini luar biasa dampak atau efeknya bagi masyarakat. Berita dan informasi yang salah dapat menyesatkan dan menimbulkam kegaduhan,” ujar Wali Kota.

Sebelumnya dilaporkan bahwasanya, MTA (42) dirujuk oleh Pihak RSUD Tengku Dr. Mansyur ke RSUD Adam Malik, Medan dan tiba disana sekitar pukul 21.10 Wib dan langsung mendapatkan penanganan intensif oleh pihak RSUD Adam Malik diruang isolasi. Dengan pemeriksaan yang dilakukan beberapa tahap diperoleh hasil bahwa saudara MTA negatif Corona.

Saudara MNA juga menjalani pemeriksaan (rontgen) dibagian paru paru dan alhamdulillah beliau juga sehat paru paru parunya. Kemungkinan batuk yang diderita saudara MTA adalah batuk biasa karena pengaruh udara dan asap rokok. Hal ini dikatakan Kabid P2P Dinkes Tanjungbalai, Yadi.(SURYA)
Share:
Komentar

Berita Terkini