|

Ini Sebab Mengapa Imunitas Penting untuk Lawan Virus Corona

Kali Dibaca


Ilustrasi Virus Corona
Mediaapakabar.com-Daya tahan tubuh yang prima merupakan kunci agar Anda terhindar dari berbagai macam penyakit, termasuk infeksi virus corona. Apalagi bila memiliki mobilitas yang tinggi, sangatlah penting untuk memiliki tubuh yang sehat dan bugar.

Menurut dr. Resthie Rachmanta Putri, M.Epid dari KlikDokter, infeksi COVID-19 tidak mudah terjadi pada orang yang memiliki sistem imun yang baik.

Selain itu, seseorang yang punya imunitas tubuh yang baik juga tidak akan terkena dampak yang sangat parah bila sewaktu-waktu terinfeksi coronavirus. Oleh karena itu, ia akan memiliki peluang sembuh yang lebih tinggi.

Jadi, mulailah untuk melakukan upaya-upaya dalam meningkatkan sistem imun tubuh dari sekarang!
Namun, tanpa disadari, ternyata ada beberapa kegiatan yang justru membuat daya tahan tubuh jadi berkurang.

Dilansir dari Livestrong, berikut ulasannya:

Banyak Makan Makanan Olahan
Jika Anda sering makan makanan olahan seperti makanan kaleng atau junk food, maka tidak heran bila imun dalam tubuh sangat lemah.

Makanan yang tinggi gula dan karbohidrat justru memperlambat proses metabolisme dalam tubuh dan membuat imun tubuh jadi lebih sulit bekerja.

Kathleen Dass selaku Ahli Imunologi dan Asisten Profesor Klinis di Fakultas Kedokteran Universitas Oakland William Beaumont School of Medicine mengatakan, makanan olahan bisa menyerang bakteri baik dalam usus dan menyisakan ruang bagi bakteri jahat untuk masuk ke dalam tubuh, serta melemahkan sistem kekebalan usus.

Serangkaian penelitian yang dilakukan pada manusia dan tikus telah menunjukkan bahwa banyak zat kimia tambahan dalam makanan olahan yang dapat mengganggu mikrobioma usus, yakni pemanis seperti sakarin, sukralosa, dan stevia.

Waktu Tidur yang Kurang
Sudah menjadi rahasia umum bahwa kualitas tidur yang baik merupakan kunci utama tubuh yang sehat.

Menurut National Sleep Foundation, bermain smartphone di malam hari justru bisa mengganggu ritme tidur dan menekan hormon melatonin yang berfungsi untuk merangsang sesi tidur malam.
Jika hormon ini terus menurun, maka gangguan tidur bisa jadi masalah yang dihadapi setiap malam. Untuk itu, pastikan Anda menyimpan segala peralatan elektronik sebelum tidur dan atur  suhu serta pencahayaan kamar jadi senyaman mungkin.

Minum Alkohol Berlebihan
Dalam takaran yang cukup, minuman beralkohol memang bisa bermanfaat bagi tubuh. Tapi, kalau diminum secara berlebihan, minuman beralkohol bisa berdampak buruk bagi tubuh, termasuk menurunkan sistem imunitas.

Tidak hanya menurunkan sistem imunitas tubuh, tapi minum minuman beralkohol juga mampu merusak sistem pencernaan dan fungsi kerja ginjal. Alkohol dapat mengganggu mikroba dalam usus. Alkohol akan melepaskan keseimbangan antara bakteri sehat dan bakteri jahat dalam usus.

Jumlah alkohol yang berlebihan akan membasmi bakteri baik. Akibatnya akan lebih banyak bakteri jahat yang masuk ke dalam tubuh, sehingga menyebabkan peradangan di dalam organ hati,” ucap dr. Kathleen.

“Ketika meradang, hati akan kesulitan untuk membersihkan racun dalam tubuh, termasuk racun yang bisa menurunkan sistem imunitas,” tambahnya.

Merokok
Senyawa kimia dalam sebatang rokok dapat memengaruhi lapisan mukosa dalam saluran pernapasan, dari hidung hingga paru-paru.Ketika Anda merokok, tubuh akan menghasilkan lendir yang berlebihan dan mempersempit saluran udara, sehingga paru-paru akan lebih sulit bekerja.

Merokok juga bisa menurunkan kadar antioksidan dalam darah, dan meningkatkan risiko seseorang terkena pneumonia.Karenanya, segera kurangi asupan rokok harian dan ganti dengan asupan yang lebih sehat seperti buah dan sayuran.

Bila dirasa sulit untuk berhenti merokok, cobalah untuk mengganti rokok dengan permen yang bisa dikunyah saat mulut sedang “asam”.

Stres Berlebihan
Stres yang berlebihan memang dipercaya mampu menurunkan sistem imunitas tubuh seseorang.

Stres pikiran, baik akibat mengejar deadline, urusan percintaan, atau lainnya, sudah terbukti bisa membuat seseorang jadi lebih mudah sakit. Hal ini dikarenakan stres dapat memicu respon di tubuh yang dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh.



Sumber; Klikdokter.com
Komentar

Berita Terkini