IHSG di Tutup di Lebel 4.360,54 Namun Tidak Pengaruhi Terhadap Rupiah

Media Apakabar.com
Kamis, 26 Maret 2020 - 20:52
kali dibaca
Foto : IHSG di Tutup di Lebel 4.360,54 namun tidak pengaruhi  terhadap rupiah
Mediaapakabar.com-IHSG pada perdagangan hari ini ditutup naik signifikan hingga 10.19%. IHSG ditutup di level 4.360,54, mengalami kenaikan dan mampu mengekor kenaikan bursa di AS sebelumnya. Seperti realisasi kinerja bursa AS menjelang libur kemarin yang naik 11%-an. Hal yang sama juga ditunjukan oleh mata uang Rupiah yang mampu menguat di level 16.300 per US Dolar.

"Walaupun penguatan kinerja mata uang Rupiah tidak sehebat IHSG pada hari ini. Meski demikian penguatan rupiah dan IHSG pada hari ini setidaknya memberikan napas lega setelah baik IHSG dan Rupiah terpukul dalam sepekan terakhir sebelumnya," ungkap Gunawan Benjamin, Penamat Ekonomi Sumatra Utara di Medan, Kamis (26/3/2020) sore.

Katanya, saat ini pasar keuangan tengah dihadapkan kepada kondisi penyebaran corona yang bervariasi, dengan tingkat kematian maupun jumlah pasien yang berbeda. Kita tidak selamanya bisa berharap bahwa kinerja indeks bursa global yang membaik akan menjadi motor membaiknya pasar keuangan domestik.

"Karena sentimen dari penyebaran covid 19 ini sangat mengkuatirkan pelaku pasar. Negara dengan kondisi sebaran covid 19 yang dinilai parah, tetap saja menyisahkan kemungkinan semakin buruknya kinerja pasar keuangan. Ini yang perlu diantisipasi sebenarnya. Karena pelaku pasar pada akhirnya akan melihat fundamental negara masing-masing, terlebih saat covid 19 ini berpotensi memburuk," jelas Gunawan.

Gunawan juga menyebutkan, pada sore ini kinerja indeks bursa futures di AS terkoreksi sekitar 1% lebih. Pelemahan indeks bursa futures ini sangat mempengaruhi kondisi pasar keuangan di AS saat dibuka. Dan bisa mempengaruhi pasar keuang domestik nantinya. Jadi belum bisa dipastikan bahwa pasar keuangan benar-benar aman dari tekanan saat ini, imbuhnya.(abi)
Share:
Komentar

Berita Terkini