Gubsu Ikut Panen Padi Bersama Bupati Asahan

Media Apakabar.com
Senin, 16 Maret 2020 - 12:31
kali dibaca

Mediaapakabar.com-Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi diwakili Staf ahli bidang hukum, politik dan pemerintahan Nouval Mahyar ikut panen raya padi bersama Bupati Asahan dan unsur Forkopimda di Kecamatan Rawang Panca Arga Senin (16/3/2020).

Acara panen raya tersebut mengusung tema  “membangun desa, menata kota menuju Sumatera Utara yang agraris dan bermartabat”.

Pada pelaksanaaan panen padi itu turut diserahkan  bantuan benih padi, jagung, bibit cabe, alsintan cultivator, alsintan hand sprayer, kartu tani dan klaim asuransi yang diberikan langsung oleh Staf ahli Gubsu bersama Bupati Asahan kepada para kelompok tani di Kabupaten Asahan.

Bupati Asahan H. Surya, BSc dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa sektor pertanian merupakan salah satu prioritas pembangunan di Kabupaten Asahan.

Sebab mengingat cukup besarnya peluang yang dapat dikembangkan untuk meningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Sekaligus guna pengembangan perekonomian daerah menjadi meningkat melalui sektor pertanian.

“Akan tetapi untuk mewujudkannya, kita masih memiliki kendala seperti produktivitas lahan yang belum optimal, penggunaan benih bermutu yang masih rendah, tingkat kehilangan hasil yang masih tinggi serta dukungan sarana dan prasarana yang masih belum memadai”, ujar Bupati.

Menurut Bupati hingga saat ini Pemkab Asahan telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan pencapaian produksi pangan di Kabupaten Asahan dengan cara pengembangan sarana dan prasarana.

Pengembangan tersebut antara lain seperti pembuatan jalan usaha tani, pembangunan jaringan pengairan, dan penyediaan alat dan mesin pertanian, peningkatan produktivitas melalui penggunaan benih unggul, perluasan areal tanam, pengamanan hasil produksi, dan penguatan kelembagaan pertanian seperti kelompok tani.

"Saya berpesan kepada para petani  agar menjaga lahan pertanian pangan khususnya lahan sawah dengan tidak melakukan alih fungsi lahan terutama pada lahan-lahan yang telah miliki saluran irigasi" pesan Bupati Surya.

Ditempat yang sama, Gubernur Sumatera Utara dalam sambutannya disampaikan Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Setda Provsu Nouval Mahyar, SH  memberikan rasa apresiasi atas perkembangan potensi padi di Kabupaten Asahan.

“Saya melihat potensi padi saat ini bisa lebih besar lagi. Sehingga Kabupaten Asahan nanti merupakan salah satu Kabupaten penerima program Integrated Participatory Development and Management of Irrigation (IPDMIP) yang mendorong pengelolaan irigasi secara integratif dan partisipatif dalam mewujudkan kedaulatan pangan”, ujar Nouval.

Nouval menerangkan bahwa dalam kurun waktu 5 (lima) tahun terakhir di Kecamatan Rawang Panca Arga dan Kecamatan Meranti telah mengalami peningkatan produktivitas padi rata-rata sebesar 5.69%. sehingga diharapakan Kabupaten Asahan dapat menjadi salah satu lumbung beras di Sumatera Utara.

“Kami berharap dengan adanya panen raya padi saat ini. Masyarakat dan petani makin bersemangat untuk mempertahankan lahan sawahnya agar terus bertanam padi”,sebut Nouval.

Ikut hadir pada panen raya padi.tersebut antara lain Gubernur Sumatera Utara yang diwakili Staf ahli bidang hukum, politik dan pemerintahan, Bupati Asahan dan Forkopimda Asahan, Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Provsu, Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Asisten dan Staf Ahli  serta OPD dan Kelompok Tani..(dp)

Share:
Komentar

Berita Terkini