|
Follow Us :

DPC GRANAT Simalungun Harap Pemerintah Dirikan Puskesmas Pelayanan Rehabilitasi Penyalahgunaan Narkoba

Kali Dibaca


DPC Granat Simalungun bersama Pengurus KBPP Polri Simalungun Silaturahmi dengan Kapolres Simalungun AKBP Heribertus Ompusunggu
Mediaapakabar.com-DPC GRANAT Simalungun harapkan wujud nyata komitmen Stake holder di wilayah Simalungun dalam memberikan dukungan memerangi Narkoba.

Hal ini  berdasarkan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2018 & Permendagri No:12 Tahun 2019 . Kedepan agar di Wilayah Simalungun dibentuk Puskesmas dengan penambahan pelayanan khusus,yakni pelayanan rehabilitasi bagi pecandu narkoba berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor: 2415 Tahun 2011,dan didalam UU No:35 Tahun 2009 Pasal 54, "Bahwa Pecandu Narkotika dan korban Penyalahgunaan Narkotika wajib menjalani rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial.

UU Tentang Narkotika, UU Nomor 35 Tahun 2009,Pasal 127,ayat 1,menyatakan:Bahwa setiap Penyalahguna Narkotika golongan I bagi diri sendiri dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 Tahun.

Pada Pasal 127 Ayat 3 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang  Narkotika yang menyebutkan bahwa dalam hal Penyalahgunaan sebagaimana dimaksud pada ayat 1 UU Nomor 35 Tahun 2009 dapat dibuktikan atau terbukti sebagai korban Penyalahgunaan Narkotika,Maka Penyalahgunaan Narkoba tersebut wajib menjalani rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial.

Sebagai Contoh di Indonesia, Puskesmas yang membuka pelayanan rehabilitasi bagi pecandu narkoba ada di Kota Kendari.

DPC GRANAT Simalungun mengharapkan agar  di Simalungun dapat terbentuk Puskesmas dengan program rehabilitasi bagi pecandu Narkoba sebagai suatu upaya untuk menyelamatkan hidup pecandu atau Penyalahgunaan Narkoba.

Dikatakan, dlam kondisi Darurat Narkoba di Indonesia,dimana Narkoba telah masuk hingga hampir di seluruh elemen masyarakat Tanpa memandang status tingkat  pendidikan atau strata lainnya dengan terbentuknya  Puskesmas tersebut ,maka jika  ada keluarga yang menyalahgunakan Narkoba, Psikotropika dan Zat Addiktif lainnya agar segera membawanya ke Puskesmas di Simalungun yang membuka layanan Rehabilitasi  Pecandu Narkoba.

“Penyalahgunaan Narkoba bukanlah aib,jadi tidak perlu di tutup-tutupi dan disembunyikan,tetapi Penyalahgunaan Narkoba adalah Orang sakit yang harus disembuhkan,dan Rehabilitasi lah Solusi yang terbaik.” Kata dr. H. H.Jimmy Goeltoem,Ketua Ormas DPC GRANAT Simalungun,yang juga Ketua KBPPPOLRI Resor Simalungun.

Katanya,  pelayanan di Puskesmas tersebut juga akan melayani mulai dari: Assessment,Rawat Jalan,Pelayanan Surat Keterangan Pemeriksaan Narkoba(SHKPN) serta pelayanan Promotif P4GN(pencegahan& pemberantasan Penyalahgunaan& peredaran gelap Narkotika & prekursor Narkotika) dan Pelayanan Kuratif atau Pengobatan.

“Namun sebelumnya, agar SDM Tenaga Kesehatan di Puskesmas terlebih dahulu dipersiapkan dan dilatih di BNN dan Tenaga Ahli Kesehatan di Bidang Addiksi Narkoba,”tandas dr.H.Jimmy Goeltoem.(dn)
Komentar

Berita Terkini