Dikantor Imigrasi Siantar, Irjen Widiyanto Ingatkan agar Melawan Praktek Pungli

armen
Sabtu, 07 Maret 2020 - 17:31
kali dibaca


Sekretaris  Satgas Saber Pungli Irjen Widiyanto Poesoko saat mengecek ruangan demi ruangan di Imigrasi Siantar
Mediaapakabar.com-Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli)  memastikan tidak adanya praktik pungli oleh oknum petugas imigrasi dalam layanan pengajuan dan pembuatan paspor oleh masyarakat ke Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Pematangsiantar.

"Apabila ada temuan atau dugaan pungli di wilayah Siantar maupun Simalungun, silakan hubungi saya,"demikian hal ini ditegaskan Sekretaris  Satgas Saber Pungli Inspektur Jenderal Widiyanto Poesoko berkunjung ke Kabupaten Simalungun,  Kamis, (5/3/2020) di  Kantor Imigrasi  jalan Medan kota Pematangsiantar.

Widiyanto Poesoko juga menerangkan, bahwa Jangan ada lagi Pungli di indonesia ini, karena Pungli sudah merusak kehidupan masyarakan dan merugikan keuangan negara.

"Mari kita hilangkan pungli itu, supaya anak-anak kita nanti mempunyai masa depan. Jika masih ada oknum petugas imigrasi yang kedapatan melakukan pungli pada masyarakat, kami akan berikan sanksi tegas. Dan ini sudah menjadi instruksi presiden hapus bersih Pungli di instansi-instansi Pemerintah,"terang Widiyanto, bahwa Pungli terbanyak tahun 2019 di intansi Kementerian dalam negeri (PNS) dan Kementerian Pendidikan.

Masih kata Widiyanto, Pungli harus dihapus sejak dini, agar kelak anak-anak kita, saudara kita maupun kerabat kita jangan lagi terkena dan jadi korban Pungli.

"Susahnya itu yang Pungli saudaranya kawan kita (tulangnya atau amang borunya), yang pungli yang kita kenal pula. Kalau memang ada Pungli beritahu saya ke nomor  08122667777,"ungkapnya, sambil memberikan nomor kontak yang dapat dihubungi, dan segera menindakjanjutinya.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Pematangsiantar Victor Manurung mengucapkan terima kasih atas kunjungan Satgas Saber Pungli pusat di kantornya.

Victor mengatakan, pihaknya telah menerapkan sistem dan layanan pembuatan paspor berbasis kepentingan publik, salah satunya pengajuan pembuatan paspor secara online.

"Kami harapkan dengan adanya kunjungan Saber pungli (pengecekan pelayanan), Imigrasi dapat menerapkan pelayanan penuh Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi atau Wilayah Birokrasi Bersih Melayani,"kata Viktor.

Dalam kunjungan itu, tim Saber Pungli mengecek satu-persatu ruangan demi ruangan pelayanan di kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Pematangsiantar, dan terdengar Irjen Widiyanto mempertanyakan dimana tempat Security (Kemanan) dan kotak saran.

"Semua harus dilengkapi, termasuk kotak saran dan pengaduan  masyarakat,"ujar Irjen Widiyanto, yang juga telah menerima pengaduan guru-guru honor Simalungun yang diduga dipungli untuk memperpanjang SK
..\\


Sumber : lintaspublik.com
Share:
Komentar

Berita Terkini