Dewan Pers Ingatkan Dampak Sosial dan Ekonomi Covid-19

armen
Kamis, 26 Maret 2020 - 19:15
kali dibaca



Mediaapakabar.com- Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh mengingatkan semua pihak akan dampak negatif yang ditimbulkan pandemi coronavirus (Covid-19), khususnya bidang sosial dan ekonomi.


"Dengan kerendahan hati, Dewan Pers ingin mengingatkan kepada semua pihak bahwa yang dibutuhkan saat ini tidak sebatas pada penanganan medis terhadap masyarakat yang terpapar atau diduga terpapar virus corona, tetapi juga dampak turunan pandemi Covid-19, khususnya di bidang sosial dan ekonomi," katanya ,Kamis (26/).   
Katanya lagi, Dewan Pers menyambut baik berbagai paket kebijakan yang telah diluncurkan pemerintah untuk menangani dampak sosial-ekonomi tersebut, meskipun harus dikawal realisasi di lapangan.
"Dewan Pers mengajak kita semua untuk memperkuat solidaritas sosial dengan memberi perhatian khusus untuk meringankan beban ekonomi masyarakat yang kehilangan mata pencaharian sehari hari atau yang mengalami penurunan penghasilan. Masih banyak warga masyarakat yang bekerja di sektor informal dan menggantungkan diri pada pendapatan harian," ucapnya.
Dia juga mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi para dokter, perawat dan tenaga kesehatan lainnya sebagai garda terdepan, pejuang kemanusiaan dalam memberikan layanan medis bagi para korban Covid 19 secara langsung.
Untuk tenaga medis yang meninggal dunia, Dewan Pers menyampaikan duka cita yang sangat mendalam.
"Semoga amal ibadah dan kemuliaan budi mereka diterima Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan. Demikian juga, bagi para pasien yang meninggal akibat Covid 19," ujarnya.  
Selain itu, Dewan Pers mengapresiasi kerja keras pemerintah, baik pusat dan daerah (provinsi, kabupaten/kota) dalam upaya menangani penyebaran Covid-19 di daerah masing-masing.
“Kami yakin pemerintah terus berupaya sekuat tenaga untuk menangani COVID-19 ini dengan baik dan dampak turunannya, khususnya di bidang ekonomi dan sosial," ucap Mohammad Nuh.
Mantan Menteri Pendidikan era SBY itu juga mengapresiasi pihak-pihak yang terlibat dalam penanganan Covid-19, mulai dari aparat TNI, Polri, rumah sakit, perguruan tinggi, kalangan pengusaha serta unsur-unsur masyarakat yang berkomitmen penuh untuk berkontribusi positif dan nyata terhadap upaya penanggulangan musibah nasional tersebut.
"Semangat kesukarelawanan dan gotong royong semua pihak merupakan modal utama bangsa Indonesia untuk dapat segera mengatasi bencana nasional ini," pungkasanya.(rel/dn)
Share:
Komentar

Berita Terkini