Bupati Surya Laporkan Covid 19 Ke Gubsu, Asahan Nihil Corona

Media Apakabar.com
Rabu, 25 Maret 2020 - 13:17
kali dibaca

Mediaapakabar.com-Hingga saat ini di Kabupaten Asahan tercatat ada 142 warga berstatus ODP (Orang Dalam Pemantauan). Dari  jumlah sebanyak itu ada 136 orang kondisi sehat dan 6 orang lainnya  sakit dalam pemantauan petugas.

Namun demikian kondisi Kabupaten Asahan sampai saat ini masih berada dalam keadaan terkendali, stabil. Dan tidak ada warga satupun yang terjangkit oleh  virus Covid 19 atau nihil Corona'.

Hal itu disebutkan Bupati Asahan H Surya saat melakukan video conference (VC) langsung kepada Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi di ruang Command Center kantor Bupati Asahan, Rabu  (24/3/2020).

“Walaupun Kabupaten Asahan masih dalam keadaan stabil, tetapi upaya pemantauan terus dilakukan.  Hal itu dalam upaya antisipasi dan pencegahan penyebaran wabah Covid 19"
Untuk mengantisipasi dan pencegahan Corona. Pemkab  Asahan melibatkan unsur TNI, POLRI, MUI, FKUB, IMTAQ dan Masyarakat, kata Bupati Surya.

Masih dijelaskan H Surya bahwa dalam menangani virus Corona. Pemerintah Kabupaten Asahan  sudah melakukan beberapa usaha preventif dalam menghadapi bencana nasional Covid-19.

Langkah yang diambil  itu antara lain melakukan penyemprotan disinfektan di setiap kantor pelayanan umum, kantor pemerintahan serta rumah ibadah serta sekolah-sekolah" terang Surya.

Selain itu, Dinas Kesehatan bekerjasama dengan pihak rumah sakit dan puskesmas telah melakukan pendataan secara riil tentang warga yang baru datang dari luar negeri atau dari daerah yang terjangkit Covid-19.

Kemudian, Pemkab Asahan juga melakukan pemantauan  secara ketat kepada warga melalui Dinas Kesehatan dan petugas gugus tugas percepatan penanganan Covid 19,terang Bupati Surya.

Disamping itu,Bupati Surya melaporkan bahwa Pemkab Asahan telah memberikan imbauan kepada masyarakat melalui surat edaran, berbagai baleho, spanduk maupun imbauan secara door to door dan pengumuman secara berkala melalui LPPL RSPD agar waspada dan menjaga kesehatan agar terhindar dari virus Corona.

" Saat ini Pemkab Asahan telah membentuk Satgas percepatan penanganan Covid-19 yang bertugas terus memantau perkembangan warga ODP maupun PDP serta memberikan pelayanan bagi warga masyarakat kita yang ada keluhan dilakukan pemeriksaan, baik di tingkat pusksemas maupun rumah sakit"jelas Bupati.

Sementara Gubernur Sumut, Eddy Rahmayadi dalam siaran langsung tersebut menyahuti laporan yang telah disampaikan oleh Bupati Asahan.

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara akan segera mengutus tim, untuk melakukan pengecekan ke daerah dan rumah sakit rujukan untuk penanganan pasien Covid 19 sudah layak dan sesuai dengan standard dalam penanganan Corona,kata Edy.

Saat ini masyarakat yang digolongkan dalam status ODP cukup pesat perkembangannya. Dari kondisi itu, masih banyak masyarakat kita yang belum patuh, belum menaati imbauan dan arahan dari pemerintah.

“Hal tersebut membuat semakin besar jumlah individu yang tidak dapat kita pantau. Sebab tidak dapat dipastikan apakah orang-orang ini termasuk ODP atau PDP,” kata Gubsu.

Untuk mengatasi hal itu, Gubsu meminta agar seluruh pihak dapat berperan aktif untuk menenangkan masyarakat. “Laksanakan tindakan yang paling bijaksana untuk memutus rantai Covid-19, berikan arahan kepada rakyat untuk tetap di rumah.

Kemudian giatkan social distancing sampai batas waktu yang belum bisa kita tentukan tergantung situasi yang berkembang,” ucap Gubsu penuh harap.

Dalam video confrence itu, Bupati Asahan H. Surya, didampingi Sekdakab Asahan Taufik Zainal Abidin,PLt. Kepala Dinas Kesehatan, Kadis Kominfo H. Rahmat Hidayat..(Dp)

Share:
Komentar

Berita Terkini