|
Follow Us :

Bupati Dairi : Pelaksanaan MTQ Diharapkan Dapat Menambah Wawasan Serta Penghayatan dan Cinta Terhadap Alquran

Kali Dibaca


Bupati Dairi Dr Eddy Kelleng Ate Berutu,Saat Memberikan Kata Sambutanya Pada Pembukaan MTQ ke 45 kabupaten Dairi.(foto.bob)
Mediaapakabar.com-Pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke 45 Tahun 2020 Kabupaten Dairi dibuka secara resmi oleh Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu , Kamis (5/3/2020) ,di Lapangan MTQ Desa Bintang Mersada Kecamatan Sidikalang.

Pembukaan MTQ ke 45 tersebut turut dihadiri oleh Wakil Bupati Dairi Jimmy Andrea Lukita Sihombing, SH, Ketua DPRD Sabam Sibarani S.Sos, Dandim 0206/Dairi Letkol. Arh. Hadi Purwanto, SH, Kapolres Dairi Leonardo D. Simatupang, SIK, Ketua LPTQ Kabupaten Dairi Wahlin Munthe, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dairi Drs. H. Saidup Kudadiri, MM, Anggota DPRD Dairi, Camat se-Kabupaten Dairi, Tokoh Masyarakat serta para Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) se-Kabupaten Dairi.

Dalam sambutannya, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan kontribusi, kerja keras dan dedikasi atas kesuksesan penyelenggaraan MTQ ke 45 di tingkat Kabupaten Dairi.

“MTQ ini menunjukkan martabat kita diantara saudara saudara kita di Sumatera Utara dan di seluruh Indonesia. Semoga MTQ ini menjadi  kebanggan kita bersama,” ujarnya.

Bupati menambahkan, dengan tema MTQ Kabupaten Dairi ke 45, yakni mari kita wujudkan sumber daya manusia yang unggul, profesional dan qurani untuk mewujudkan Indonesia yang maju, madani dan bermartabat. Bupati mengajak seluruhnya untuk membaca dan menghayati kalab ilahi serta mendalami isi dan mengamalkan ajaran Alquran langsung dalam kehidupan sehari-hari.

“Pelaksanaan MTQ merupakan sebuah wahana dalam rangka memacu perkembangan tilawah, hafalan serta pendalaman isi Alquran,” ujar Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu.

Kepada para Qori dan Qoriah, Hafiz dan Hafizah yang meraih peringkat juara dalam MTQ tingkat Kecamatan, Bupati menyampaikan selamat bertanding dengan menjaga sprotifitas dan kekompakan.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu berharap kepada kontingen MTQ Kabupaten Dairi yang nantinya akan bertanding di tingkat Provinsi Sumatera Utara agar mendapatkan juara seminimal mungkin tetap masuk di 10 besar.

Pada kesempatan ini Bupati juga menyampaikan agar masyarakat lebih berpartisipasi untuk mensukseskan sensus penduduk online yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) yang sedang berlangsung saat ini hingga 31 Maret 2020 mendatang. Untuk tingkat Provinsi Sumatera Utara, Beliau katakan Kabupaten Dairi meraih peringkat I dalam pendataan sensus penduduk online sebesar 9,14% sampai dengan hari ini.

Mewakili Unsur Forkopimda Kabupaten Dairi, Dandim 0206/Dairi Letkol Arh. Hadi Purwanto, SH dalam sambutannya mengatakan Forkopimda Kabupaten Dairi sangat menyambut dengan baik kegiatan MTQ ke 45 Kabupaten Dairi tahun 2020.

Dandim mengatakan melalui kegiatan MTQ ini, seluruh masyarakat Kabupaten Dairi khususnya umat muslim dapat tetap saling menjaga rasa toleransi dan kerukunan antar umat beragama yang telah terjalin dengan baik selama ini di Kabupaten Dairi.

Kepada para peserta MTQ yang akan bertanding, Dandim berharap agar dapat bertanding secara sportifitas dan dapat mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Alquran di kehidupan sehari-hari.

Sebelumnya, Ketua LPTQ Kabupaten Dairi dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan MTQ di tingkat Kabupaten diawali dengan pelaksanaan MTQ di tingkat Kecamatan. Ia katakan bahwa pelaksanaan MTQ di seluruh Kecamatan, yakni 15 Kecamatan dapat terlaksana dengan baik.

Selain itu, pelaksanaan MTQ di tingkat Provinsi Sumatera Utara akan dilaksanakan di Kota Tebing Tinggi pada tanggal 1-9 April 2020. Untuk itu, Ia berharap agar kiranya pada saat pembukaan pelaksanaan MTQ di tingkat Provinsi Sumatera Utara, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dan Wakil Bupati Dairi Jimmy Andrea Lukita Sihombing, SH dapat menghadiri kegiatan tersebut guna memberikan dukungan kepada kontingen MTQ Kabupaten Dairi.

Sebagai informasi, pelaksanaan MTQ ke 45 Kabupaten Dairi tahun 2020 akan berlangsung mulai dari tanggal 5-7 Maret 2020 di Desa Bintang Mersada yang akan diikuti sebanyak 367 peserta yang terdiri dari Putera sebanyak 171 orang dan Puteri sebanyak 196 orang.(bob)
Komentar

Berita Terkini