Begini Tips Aman Naik Kendaraan Umum Saat Wabah Virus Corona

armen
Selasa, 17 Maret 2020 - 08:57
kali dibaca



Terpaksa Naik Kendaraan Umum Saat Wabah Virus Corona, Ini Tipsnya! (Foto: Faizal Fanani/Liputan6)
Mediaapakabar.com-Di tengah kebijakan untuk belajar, bekerja, dan beribadah di rumah karena virus corona, sebagian orang tetap harus melaksanakan aktivitas di luar rumah. Menaiki kendaraan umum pun terkadang tak dapat terhindarkan. Padahal, transportasi publik adalah salah satu lokasi yang tinggi risiko penularan virus.

Anjuran untuk sementara waktu tidak bepergian ke luar rumah memang sudah dikeluarkan pemerintah. Presiden Joko Widodo menerbitkan kebijakan agar aktivitas belajar, bekerja dilakukan di rumah demi menekan penyebaran virus corona.

Tips Terhindar dari Coronavirus Saat di Transportasi Publik
Kalau Anda termasuk orang yang yang harus naik kendaraan umum di tengah pandemi virus corona, tetaplah tenang dan waspada. Selanjutnya, lakukan beberapa tips berikut:

Jaga Pola Makan Sehat

Sistem kekebalan tubuh yang sehat berawal dari makanan bergizi. Oleh karena itu, isi piring sarapan Anda dengan menu sehat, seimbang, dan bergizi.

Untuk memperkuat imun tubuh, perbanyak konsumsi buah dan sayuran yang mengandung banyak vitamin C. Dengan kekebalan tubuh yang optimal, Anda tidak mudah terserang penyakit.

Miliki Sikap Positif Saat Bepergian
Meski sulit dipercaya, menurut penelitian yang dilakukan Carnegie Mellon University, punya aura positif sebelum pergi ke luar rumah bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini artinya, risiko terinfeksi penyakit pun menurun. 

Meski belum ada penelitian lebih lanjut terkait hal ini, tidak ada salahnya punya aura positif di mana pun Anda berada, bukan?

Gunakan Masker

Ini adalah salah satu hal yang paling dianjurkan. Disampaikan dr. Alvin Nursalim, Sp.PD dari KlikDokter, penggunaan masker saat bepergian dengan angkutan umum juga bisa mencegah kuman penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh.

“Pakai masker yang melindungi mulut dan hidung agar tidak terkena paparan debu, asap, dan polusi udara. Meski masker yang dijual di pasaran tak semuanya efektif mencegah paparan polusi, setidaknya benda ini bisa mengurangi zat berbahaya untuk masuk ke kerongkongan dan saluran pernapasan,” ujar dr. Alvin.

Cuci Tangan Setelah Bepergian
Centre for Disease Control (CDC) mengatakan, salah satu cara yang baik untuk mencegah penyakit menular adalah dengan rajin mencuci tangan sehabis bepergian.

Mencuci tangan sebaiknya dilakukan menggunakan sabun dan air mengalir dengan durasi 20 detik. Jika tidak ada air atau sabun untuk mencuci tangan, Anda bisa menggunakan hand sanitizer.

Sekarang banyak disediakan hand sanitizer di tempat-tempat umum. Cobalah manfaatkan hal itu.

Pastikan Tubuh Terhidrasi
Menjaga kecukupan cairan tubuh sangat penting agar Anda tidak mengalami dehidrasi. Kondisi ini akan membuat tubuh lemas, tidak fokus, termasuk menurunnya kekebalan tubuh.

Tidur yang Cukup
Para ahli menyarankan orang dewasa tidur tak kurang dari 7 jam sehari. Saat kurang tidur, sistem kekebalan tubuh akan melemah. Alhasil, kuman jahat lebih mudah hinggap di tubuh dan menyebabkan terjadinya penyakit, termasuk virus corona.



Sumber : Klikdokter.com
Share:
Komentar

Berita Terkini