Antisipasi Corona, Dinkes Sumut Telusuri 350 Warga yang Hadiri Tablig Akbar di Malaysia

armen
Jumat, 13 Maret 2020 - 20:45
kali dibaca


Upaya pencegahan corona di stasiun kereta. ©2020 Liputan6.com/Faizal Fanani
Mediaapakabar.com- Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Utara Alwi Mujahit Hasibuan menyatakan pasien yang positif mengidap virus corona atau Covid-19 belum ditemukan di Sumut. Namun, semua pihak diminta meningkatkan kesiapsiagaan.

Alwi mengakui beberapa pasien memang dikirim ke RSUP H Adam Malik Medan karena diduga mengalami gejala mencurigakan. Namun, seluruhnya negatif dan tidak ada yang dinyatakan suspect Covid-19.

"Dari seluruh yang dikirim, tidak ada yang suspect. Idealnya rumah sakit daerah konsultasi dulu. Kalau memang dia pasien dalam pengawasan atau suspect Covid-19, silakan kirim. Tapi kalau hanya berdasarkan isu ya jangan dulu. Dokter yang merawatnya di daerah harus komunikasi dulu dengan dokter-dokter di RSUP Adam Malik, sehingga yang dikirim itu betul-betul yang seharusnya dikirim," imbau Alwi saat Rapat Koordinasi Kesiapan Penanggulangan Covid-19 di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Medan, Jumat (13/3) seperti dilansir merdeka.com
Mengenai informasi adanya 350 warga Sumut yang baru pulang dari tablig akbar di Malaysia, Alwi mengaku baru mendapat kabar itu. "Kita baru dapat informasinya hari ini, sedang kita cari siapa saja itu untuk memutus mata rantai penularannya ya seperti itu. Kalau sudah dapat, kita suruh di rumah saja, karena dia kan dalam masa inkubasi, setelah selesai 14 hari silakan ke mana-mana, sudah aman," papar Alwi..(dn)


Share:
Komentar

Berita Terkini