|
Follow Us :

Anggota DPRD Medan Ini Nilai Penutupan 12 Ruas Jalan Hanya akan Membuat Masyarakat Semakin Resah

Kali Dibaca
Kondisi salah satu jalan protokol yang sepi pengendara akibat wabah corona. (Foto: SINDOnews/Zailani)
Mediaapakabar.com-Anggota Komisi IV DPRD Medan, Antonius Tumanggor mempertanyakan kebijakan penutupan 12 ruas jalan yang akan diberlakukan mulai Sabtu 28 Maret 2020.

Ia menilai kebijakan tersebut diambil dengan tergesa-gesa dan tanpa pertimbangan matang. Bukan hanya itu, Antonius berpendapat bahwa penutupan 12 ruas jalan hanya akan membuat masyarakat semakin resah.

"Ini (penutupan ruas jalan) akan membuat masyarakat semakin khawatir. Bagaimana coba masyarakat yang tinggal di ruas jalan yang ditutup, bagaimana dia mau beli makanan misalnya, atau kebutuhan lain. Kalau dia mau beli makanan melalui aplikasi, proses pengantaran bagaimana, kan tidak boleh kendaraan lewat," katanya, ketika dimintai tanggapan, Jumat (27/3/2020).

Oleh karena itu, Politikus Partai Nasdem ini meminta agar kebijakan tersebut diambil dikaji ulang dan memikirkan dampak yang ditimbulkan.

"Dari pada menutup jalan lebih baik status siaga darurat naik menjadi tanggap darurat, penanganannya dirubah, itu lebih efektif," ungkapnya.

Antonius meyakini masyarakat akan bertanya-tanya akan kebijakan menutup 12 ruas jalan. "Kenapa hanya 12 jalan, tidak semua. Kenapa jalan protokol seperti Jalan Sudirman, kenapa Jalan Gatot Subroto tidak, dan yang lainnya juga tidak ditutup. Pasti masyarakat akan bertanya," bebernya.

Seperti diberitakan, 12 ruas jalan yang ada di Kota Medan akan ditutup mulai Sabtu 28 Maret 2020. Penutupan 12 ruas jalan ini diambil untuk mencegah penyebaran virus corona yang semakin hari semakin mengkhawatirkan.

"Untuk tahap awal ini 12 ruas jalan dulu yang kita tutup," ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan, Iswar Lubis.

Iswar mengatakan ruas jalan yang ditutup tersebut merupakan akses yang biasa dilalui masyarakat ketika hendak ke pusat kota atau pusat perbelanjaan.

"Jalan itu menghubungkan kawasan penduduk ke pusat kota, kita ingin memberikan tekanan psikologis kepada masyarakat untuk tetap berada di rumah, pemerintah juga tidak mau mematikan mata pencarian masyarakat. Makanya ada waktunya jalan dibuka, dan ditutup. Sampai kapan, nanti akan diberitahukan berikutnya," imbuhnya.

Berikut daftar jalan yang akan ditutup mulai Sabtu 28 Maret 2020


1. JL SM. RAJA SIMPANG JL. SAKTI LUBIS

2. JL. B. KATAMSO SIMPANG JL. AL - FALAH

3. JL. B. KATAMSO SIMPANG JL. SAKTI LUBIS

4. JL. JAMIN GINTING SIMP. JL DR. MANSYUR

5. JL. SETIA BUDI SIMP JL. DR. MANSYUR

6. JL. GATOT SUBROTO SIMP. JL. KAPT. MUSLIM

7. JL. SUNGGAL SIMP. JL. SEI BATANGHARI

8. JL. YOS SUDARAO SIMP. JL. H. ADAM MALIK

9. JL. H. ADAM MALIK SIMP. JL. T. AMIR HAMZAH

10. JL. GAHARU SIMP. JL. P. KEMERDEKAAN

11. JL. P. KEMERDEKAAN SIMP. JL. TIMOR

12. JL. SUTOMO SIMP. JL. HM. YAMIN.

Jam penutupan sendiri yakni

1. PAGI : JAM 09.00 WIB SD 15.00 WIB

2. MALAM : JAM 19.00 WIB SD 23.00 WIB


Sumber : Medanbisnisdaily.
Komentar

Berita Terkini