|

Wow, Ternyata Museum Uang Sumatera miliki koleksi uang kerajaan terlengkap di Indonesia

Kali Dibaca
Khsan Tarigan sebagai Staf Museum Uang Sumatera sedang menunjukkan sebagian mata uang kerajaan kuno yang ada di Indonesia. Museum Uang Sumatera memiliki ribuan koleksi mata uang dari zaman kerajaan, penjajahan, kemerdekaan hingga saat ini. (ANTARA/Cindy Yulvika)

Mediaapakabar.com-Selain menjadi museum uang satu-satunya yang ada di Sumatera, Museum Uang Sumatera yang berada di Jalan Pemuda No. 17 Medan Sumatera Utara ini ternyata merupakan museum dengan pengkoleksian mata uang zaman kerajaan terlengkap di Indonesia. 

Salah seorang Staf Museum Uang, IKhsan Tarigan di Medan, Senin (03/02) mengatakan selain banyak mengkoleksi mata uang dari zaman penjajahan, Museum Uang Sumatera (MUS) juga memiliki koleksi uang kerajaan terlengkap di Indonesia. 

“Di museum ini selain ada banyak mata uang dari zaman penjajahan dulu hingga mata uang sekarang, museum ini juga sebagai tempat pengkoleksian mata uang kerajaan berbentuk koin terlengkap di Indonesia,” katanya

Museum ini didirikan langsung oleh seorang kolektor uang asal Sumatera Utara, Saparudin Barus yang sudah memulai mengumpulan mata uang sejak tahun 1998 sedangkan museum diresmikan 02 Mei 2017. 

Ikhsan juga menambahkan jumlah koleksi mata uang dari setiap era di Indonesia yang dikumpulkan di museum itumencapai ribuan dan akan terus bertambah karena pemilik museum terus mengumpulkan koleksi dari berbagai daerah.

“Kalau di hitung ada ribuan koleksi mata uang disini dan itu ada kemungkinan bisa bertambah. Karena pak Saparudin seorang tentara, jadi beliau sering menemukan uang itu di daerah yang pernah dia kunjungi saat bertugas. Uang itu sendiri, terdiri mulai dari era kerajaan, zaman penjajahan Belanda dan Jepang, era kemerdekaan sampai sekarang ini.” jelasnya. 

Dengan hanya membayar Rp10.000, pengunjung tidak hanya bisa melihat mata uang, tetapi juga ilmu tentang sejarah museum. Selain itu, pengunjung juga dihadiahi souvenir sebagai kenang-kenangan. 

“Kami berinovasi agar pengunjung tidak hanya sekedar melihat lihat tapi akan  mendapat ilmu didalam pas keluar itu kita dapat kenang kenangan yang bisa dibawa pulang,” tambahnya. 

Seorang pengunjung, Nurul Syaridah mengatakan bahwa dirinya begitu terpesona melihat koleksi uang yang ada di museum.

“Museumnya sangat menarik apalagi dengan koleksi mata uangnya, saya bisa melihat langsung mata uang dari era kerajaan, penjajahan sampai uang masa kemedekaan dengan jelas,” katanya




Sumber : ANTARA

Komentar

Berita Terkini