|

Wakil Wali Kota Bitung Kunjungi Pemko Medan

Kali Dibaca

Mediaapakabar.com-Melihat perkembangan dan kemajuan yang cukup signifikan termasuk di sektor industri dan pariwisata menjadi alasan Wakil Wali Kota Bitung Maurits Mantiri, melakukan kunjungan kerja ke Pemko Medan. Dengan harapan, dapat menggali serta berbagi informasi umumnya terkait tata kelola pemerintahan sehingga nantinya dapat diaplikasikan di Kota Bitung yang masuk dalam provinsi Sulawesi Utara tersebut.

Demikian terungkap ketika Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Asisten Pemerintahan & Sosial (Aspem) Setdako Medan Musaddad Nasution menerima kedatangan Wakil Wali Kota Bitung di Balai Kota Medan, Rabu (26/2). Selain bersilaturahmi, kedatangan Wakil Wali Kota Bitung bersama sejumlah staf ahli untuk mengetahui progress sektor industri di Kota Medan.

Mengawali pertemuan, Aspem mengucapkan selamat datang kepada rombongan yang telah hadir di tanah Melayu Deli. Kemudian dilanjutkan dengan membacakan sambutan tertulis Plt Wali Kota yang berisikan tentang gambaran singkat Kota Medan yang menjadi kota terbesar ke tiga di Indonesia.

"Selain keberagaman suku dan agama, Kota Medan merupakan salah satu pusat perekonomian regional terpenting di Pulau Sumatera dan menjadi kota terbesar ke tiga di Indonesia. Hal ini menjadikan Kota Medan memiliki kedudukan, fungsi dan peranan strategis sebagai pintu gerbang utama bagi kegiatan jasa perdagangan dan keuangan baik secara regional maupun internasional di kawasan barat Indonesia. Itu sebabnya, percepatan pembangunan difokuskan sebagai kota jasa, industri, perdagangan serta pendidikan," jelas Aspem.

Selain membahas sektor industri, pariwisata dan kebersihan, pertemuan juga diisi dengan pembahasan mengenai efektifitas peran Pemko Medan dalam menjaga kekondusifan Kota Medan. Terkait hal ini, Aspem mengatakan bahwa sejauh ini Kota Medan senantiasa aman dan kondusif meski hidup dalam keberagaman. Hal ini ungkapnya, karena masyarakat mampu menjunjung tinggi toleransi.

"Masyarakat menyadari bahwa kenyamanan dan kekondusifan menjadi sebuah kebutuhan. Selain itu, tentu Pemko Medan juga bekerja sama dengan unsur Forkopimda, tokoh lintas agama,tokoh pemuda dan seluruh elemen masyarakat untuk menjaga dan merawat keberagaman sehingga senantiasa hidup dalam keharmonisan," ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bitung Maurits Mantiri mengaku senang dapat melakukan kunker ke Kota Medan. Dirinya mengatakan, banyak hal yang didapat dan dilihat dari wajah Kota Medan hari ini. Oleh karenanya, Maurits mengatakan akan memanfaatkan waktu semaksimal mungkin untuk bertukar pikiran, mencari dan menggali informasi sehingga nantinya hasil kunker dapat diterapkan demi memajukan Kota Bitung.

"Terima kasih atas sambutan baik yang diberikan kepada kami. Apalagi dalam pertemuan ini kita saling berbagi dan bertukar informasi. Semoga silaturahmi ini memberi manfaat besar bagi kedua kota dalam menata pemerintahan khususnya bagi kami di pemerintah Kota Bitung," ungkap Maurits.

Pertemuan yang berlangsung penuh rasa kekeluargaan dan keakraban tersebut juga turut dihadiri  Plt Kadis Perindustrian Kota Medan  Parlindungan Nasution, perwakilan dari Dinas Pariwisata serta  Dinas Kebersihan & Pertamanan (DKP) Kota Medan. Acara kemudian diakhiri dengan saling bertukar cinderamata sebagai bentuk keakraban antar dua kota. (rel/dn) 
Komentar

Berita Terkini