|

Waduh, 2 Hari Usai Santap Daging Anjing Saat Pesta ‘Sayur Kol’, 25 Warga Kandang Lombu Opname

Kali Dibaca


Sejumlah warga yang diduga mengalami keracunan, dirawat di Puskesmas Balata. (ist/metro24jam.com)
Mediaapakabar.com-Sebanyak 25 warga Dusun III Kandang Lombu, Desa Panombean Huta Urung, Kecamatan Jorlang Hataran, Simalungun, terpaksa dirawat inap (opname) di Instalasi Gawat Darurat (IGD), Puskesmas Balata. Mereka diduga mengalami keracunan usai menyantap daging anjing, Rabu (19/2/2020) pagi kemarin.

Informasi yang dihimpun,sebanyak 25 orang yang merupakan orang dewasa dan anak-anak langsung muntah-muntah dan mencret berulang kali. Alhasil, mereka langsung mendatangi Puskesmas Balata, Jum’at (21/2/2020) pagi.

Warga merasa mual-mual dan sakit perut setelah menyantap daging anjing yang direbus bersama bumbu-bumbu. Saat ini para korban masih dalam perawatan intensif di ruang IGD Puskesmas Balata Kecamatan Jorlang Hataran.

Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Simalungun Lidya Saragih saat dihubungi wartawan membenarkan adanya peristiwa itu. “Dari hasil pemeriksaan awal, diduga gejala yang sedang mereka alami ini diakibatkan karena keracunan makanan. Jadi, kami memberikan penanganan medis untuk korban keracunan ini,” katanya. Lidya menambahkan, pihaknya masih melakukan penanganan terhadap para korban keracunan makanan tersebut.

Sementara itu Camat Jorlang Hataran, Mariaman Samosir menjelaskan, bahwa warga diduga mengalami keracunan setelah sebelumnya mengkonsumsi daging anjing dalam suatu acara, Rabu (19/2/2020) kemarin. “Mereka makan daging anjing, Rabu (19/2/2020) kemarin.

Habis itu mules-mules dan muntah-muntah. Namun baru hari ini Jumat (21/2/2020) datang berobat,” kata Mariaman.

 Kasus dugaan keracunan ini pun masih dalam penyelidikan Polsek Balata. Polisi disebut sudah mengumpulkan air minum dan sisa makanan, untuk memastikan penyebab pasti keracunan. Kapolsek Balata AKP Jagani Sijabat membenarkan 25 warga Kecamatan Jorlang Hataran di rawat di Instalasi Gawat Darurat (IGD) Puskesmas Balata. “Ada 25 warga dan sudah mau pulang ini, katanya makan daging anjing. Biasa lah katanya pesta ‘Sayur Kol’,” sebut Jagani via seluler, Jum’at (21/2/2020) sore.



Sumber : Metro24jam.com

Komentar

Berita Terkini