|
Follow Us :

Siap-siap! Tank Proryv-3 Rusia Lolos Uji

Kali Dibaca



T-90M
Mediaapakabar.com-Perusahaan Uralvagonzavod (UVZ), anak perusahaan kelompok pertahanan dan industri Rostec Rusia, mengumumkan bahwa main battle tank T-90M Proryv-3 (Breakthrough-3) telah berhasil melewati uji coba negara.


T-90M adalah versi lanjutan dari tank T-90 era Soviet yang menggabungkan sistem pertahanan canggih seperti armor slat dan armor reaktif baru. Tank tempur utama T-90M dipersenjatai dengan meriam smoothbore 2A46M-4 125 mm yang lebih stabil dan dilengkapi dengan sistem referensi moncong baru. Meriam ini juga digunakan untuk meluncurkan rudal dipandu 9K119 Refleks  dengan cara yang sama, seperti amunisi biasa.
Dibandingkan dengan T-90A, versi yang disempurnakan ini menampilkan desain turret baru yang semua dilas serta dilindungi oleh armor Relikt ERA (Explosive Reactive Armor) yang dipasang di bagian depan dan di setiap sisi turret. Selain itu, turet  dilengkapi dengan perlengkapan pelindung tambahan untuk melawan ancaman roket peluncur granat.
Tank T-90M yang baru dilengkapi dengan sistem kontrol tembakan Kalina dan stasiun senjata jarak jauh anti-pesawat Kord-MT.
Surat kabar Izvestiya pada 5 Februari melaporkan kontrak untuk pasokan sejumlah tank terbaru antara Kementerian Pertahanan Rusia dan Uralvagonzavod sedang berjalan.
Sementara itu Wakil Direktur Layanan Federal untuk Kerjasama Teknis-Militer Rusia Vladimir Drozhzhov mengatakan lain Rusia dan India telah menandatangani kontrak untuk memperpanjang produksi versi ekspor tank T-90 (model T-90S) hingga 2028.
“Tahun lalu kontrak ditandatangani untuk meningkatkan produksi berlisensi (tank T-90S) pada Desember 2028.  Diperkirakan bahwa lebih dari 460 tank akan diproduksi,” katanya pada pameran pertahanan internasional DefExpo 2020 di Lucknow India Rabu.
India adalah salah satu operator terbesar tank T-90S. Menurut data International Institute for Strategic Studies (IISS) yang berbasis di London Angkatan Darat India memiliki lebih dari 1.025 tank T-90S dalam persediaannya.(Jejaktapak)
Komentar

Berita Terkini