|
Follow Us :

Sosialisasi Keselamatan Pelayaran,Satpol Air Polres T.Balai Himbau Tidak Bawa Lebih Kapasitas

Kali Dibaca
Satpol Air Gelar Sosialisasi Keselamatan Dilaut 
Mediaapakabar.com-Sat Pol Air Polres Tanjung Balai melaksanakan penyuluhan dan pemasangan Spanduk untuk menghimbau perusahaan pelayaran dan penumpang yang akan melaksanakan Pelayaran atau berlayar, Jumat (7/2) sekitar pukul 11.30 Wib.

" Kegiatan tersebut dilaksanakan, menindak lanjuti Surat Telegram Dirpolairud No. : ST/108/I/OPS 45/2020 tanggal 31 Januari 2020 tentang Antisipasi terjadinya Laka perairan yang diakibatkan oleh fenomena cuaca ", Terang Kapolres Tanjungbalai AKBP Putu Yudha Prawira SIK MH melalui Kasat Pol Air Polres Tanjungbalai IPTU T Sianturi didampingi Kasubbag Humas IPTU Ahmad Dahlan Panjaitan, Sabtu (8/1) diruang kerjanya.

Dikatakan IPTU Ahmad Dahlan Panjaitan, Giat dipimpin langsung Kasat Polair Polres Tanjungbalai IPTU T Sianturi bersama anggota lain, memberikan himbauan kepada perusahaan pelayaran, Jelasnya.

Lanjut IPTU Ahmad Dahlan Panjaitan, dalam himbuannya, Kasat Polair mengaku, agar kapal penumpang yang akan melakukan pelayaran dari Tanjung Balai menuju daerah lain supaya berkoordinasi dengan petugas pelabuhan untuk melakukan pengawasan bersama untuk keberangkatan kapal.

" Semua itu dilakukan agar Kapal penumpang yang berlayar dari pelabuhan Teluk Nibung atau tangkahan sendiri, dapat selamat diperjalanan sampai tujuan ", Ungkap Kasubbag Humas Polres Tanjungbalai menirukan ucapan Kasat Pol air.

IPTU Ahmad Dahlan Panjaitan mengaku, selain berkomunikasi, hendak kapal penumpang juga melakukan pendataan, mulai dari route kapal hingga jumlah muatan kapal yang menyeberangkan penumpang / orang.

Ditambahkan IPTU Ahmad Dahlan Panjaitan, dalam giat tersebut, Kasat Polair IPTU T Sianturi melakukan himbauan dan penyuluhan kepada para pengusaha, Nakhoda, petugas pelabuhan lain, agar tidak membawa penumpang yang melebihi kapasitas muatan serta selalu menyediakan alat-alat keselamatan berlayar seperti Life Jaket dengan ketentuan 125% dari jumlah penumpang yang diperolehkan, Ring buoy dan alat-alat tersebut mudah dijangkau untuk digunakan.

Selain itu, Personil Sat Polair Polres Tanjungbalai juga melakukan sosialisasi cara pemakaian Alat-alat keselamatan kepada para penumpang jika, menghadapi situasi/cuaca buruk (extrim), cara menyelamatkan diri jika terjadi situasi darurat saat berada di dalam kapal dan terus berkoordinasi dengan BMKG tentang up date cuaca terkini, Ucapnya.

Sat Polair Polres Tanjungbalai juga berkoorsinasi dengan personil SAR, gina mempersiapkan anggota bersama alat-alat keselamatan jika terjadi laka di laut atau bencana alam.

Adapun petugas pelabuhan kapal dan Nakhoda serta abk dan para penumpang yang telah diberikan bimbingan dan penyuluhan adalah, Pengusaha Nakhoda dan ABK serta penumpan Kapal KM.Panipahan Bersatu yang berangkat dari kota Tanjung Balai tujuan Panipahan Kec Limau Kapas Kab. Rokan Hilir Provinsi Riau yang bertambatan di Gudang Atap Kec.Tanjung Balai Selatan kota Tanjung Balai Pelabuhan TIGASEN dengan Kapal KM.  MV. CITRA MANDIRI tujuan Sei Berombang, Labuhanbatu, Pungkas Kasubbag Humas IPTU Ahmad Dahlan, menutup.

Pantauan di lapangan, hasil pengawasan yang dilakukan oleh petugas Satpolair Polres Tanjung Balai di kedua dermaga atau pelabuhan, ditemukan kekurangan pada Kapal penumpang berupa Life Jacket dalam kapal belum diberi merk ataupun logo.

Fasilitas dermaga/ sandar kapal dan fasilitas pelabuhan masih darurat dan lantai terbuat dari papan yang telah banyak berlubang dan kropos karena usia atau tidak memenuhi  standart pelabuhan.(Surya)
Komentar

Berita Terkini