Siap-siap! Imbas Corona, Harga Produk-produk dari China Bakal Naik

armen
Rabu, 12 Februari 2020 - 09:08
kali dibaca
Ilustrasi - chinatechnews.com

Mediaapakabar.com- Virus corona yang menjangkiti masyarakat China bisa memberikan dampak negatif bagi sektor ekonomi Indonesia. Pemerintah patut waspada.

Menurut Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Ahmad Heri Firdaus bencana virus tersebut bisa membuat pasokan barang dari China ke Indonesia terganggu. Hal itu karena menurunnya produktivitas di Negeri Tirai Bambu imbas wabah mematikan itu.

"Sebagian besar kategori bahan baku yang mungkin sebagian diproduksi di Wuhan karena adanya supply shock di sana, artinya ada gangguan produktivitas sehingga mungkin produksi di sana berhenti. Ini tentu pasti ada gangguan aliran barang ya dari Wuhan ke kota lain di China dan keluar negeri, salah satunya Indonesia," kata dia saat dihubungi detikcom, Selasa (11/2/2020).Kondisi tersebut ujung-ujungnya bakal membuat barang, termasuk barang konsumsi yang biasanya dipasok Indonesia dari China menjadi langka.

"Yang tadinya kita impor barang konsumsi kan menjadi mengalami kelangkaan mungkin ya," ujar Heri.

Indonesia juga cukup bergantung pasokan bahan baku dari China. Heri menyebut impor bahan baku dari China ke Indonesia mencapai 30%. Jika kondisi tersebut tidak diantisipasi, tentu saja kebutuhan bahan baku di Indonesia akan menjadi langka.

"Itu perlu antisipasi adanya kemungkinan sulitnya mendapatkan barang impor dari China atau antisipasi kelangkaan lah, antisipasi kelangkaan impor dari China," tambahnya.

Harga barang impor dari China terancam naik?

Heri menjelaskan, kelangkaan barang impor dari China bakal melambungkan harga di Indonesia. Hal itu sesuai hukum supply-demand.

"Kalau kelangkaan kan otomatis harganya naik, jadi lebih mahal ya," kata Heri.

Heri menjelaskan produk yang cukup banyak diimpor Indonesia dari China adalah elektronik, telekomunikasi, dan tekstil.

"Barang konsumsi kita selama ini kalau dari China impornya komponen elektronik dan elektronik. Kemudian telekomunikasi kayak handphone gitu, gadget. Terus tekstil dan turunannya atau produk-produk tekstil. Itu tiga produk yang mungkin akan mengalami shock ya," jelasnya.

"Yang menjadi permasalahan adalah kalau pabrik itu tutup semua sehingga suplainya ke luar berhenti dan berimbas ke Indonesia. Dan yang beli barang kan bukan cuma Indonesia doang tapi mungkin Jepang, Korea pada beli dari situ sehingga adanya kelangkaan," jelas Heri.

Dia mencontohkan kejadian banjir besar yang pernah terjadi di Bangkok, Thailand. Itu membuat harga elektronik di Indonesia mengalami kenaikan. Pola yang sama bisa terjadi karena dipicu wabah virus corona. Namun berapa kenaikan harganya, menurut Heri belum bisa diperkirakan.

"Dulu saya ingat ada banjir di Bangkok, di Thailand, nah itu mengguncang harga elektronik kita. Waktu itu harganya naik beberapa persen. Nah ini mungkin ada kemiripan. Intinya kalau ada shock, ada guncangan di pusat produksinya itu akan berdampak kepada harga di sini," tambahnya.


Sumber : Detik.com

Share:
Komentar

Berita Terkini