Rakornas Pencegahan Karhutla Tahun 2020, Presiden Jokowi Soroti Riau dan Aceh

armen
Kamis, 06 Februari 2020 - 19:28
kali dibaca


Pangdam I /BB Mayjen TNI MS.Fadhilah hadiri Rakonas Pencegahan Karhutla Tahun 2020 di Istana Negara
Mediaapakabar.com- Pangdam I/BB, Mayjen TNI MS Fadhilah menghadiri acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) tahun 2020 yang diselenggarakan di Istana Negara, Jakarta, Kamis (6/2/2020).

Rakornas yang dipimpin langsung Presiden RI, Joko Widodo ini merupakan salah satu upaya dalam rangka meningkatkan sinergi dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan tahun 2020.

Sebelumnya dalam Rakornas Penanggulangan Bencana yang digelar BNPB di Sentul, Jawa Barat, Selasa, (4/2/2020), Presiden Jokowi mengingatkan kewaspadaan daerah terkait Karhutla.
Salah satu daerah yang menjadi sorotan Presiden adalah Provinsi Riau yang menjadi langganan bencana kabut asap akibat Karhutla setiap tahunnya.

Untuk mencegah terjadinya Karhutla apalagi akan memasuki musim kemarau, Presiden memerintahkan agar setiap muncul satu titik api (hotspot) segera dipadamkan. "Jangan sampai menjalar jadi dua, tiga dan seterusnya," terang Presiden.

"Aceh, Riau, hati-hati. Kalau muncul satu (titik api), segera padamkan. Jangan sampai jadi dua apalagi tiga. Hati-hati," instruksi Presiden lagi.

Presiden Joko Widodo juga memerintahkan Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri, Jenderal Pol Idham Azis, mencopot Kapolda dan Pangdam yang tidak becus mengurus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Ancaman juga berlaku untuk Kepolisian Resor (Kapolres), Komandan Korem (Danrem), dan Komandan Distrik Militer (Dandim).

“Tegas saya sampaikan, pasti saya telepon ke Panglima, ke Kapolri, kalau ada kebakaran di wilayah kecil agak membesar. Saya tanya Dandimnya sudah dicopot belum?’ tegas Jokowi di Istana Negara.
Jokowi meminta seluruh perangkat daerah, mulai mempersiapkan antisipasi Karhutla. Ia tak mau kejadian ini terus berlangsung dan menghanguskan jutaan hektare lahan lainnya.

Rakornas Pencegahan Karhutla tahun 2020 ini juga dihadiri Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri, Jenderal Pol Idham Azis, para Gubernur, Bupati se-Indonesia, para Pangdam, Kapolda, BPBD, Dandim dan Kapolres. (rel)

Share:
Komentar

Berita Terkini