Pertamina Gelar UCOK WARRIOR Guna Budayakan Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Media Apakabar.com
Selasa, 25 Februari 2020 - 20:21
kali dibaca
Pertamina Gelar UCOK WARRIOR Guna Budayakan Kesehatan dan Keselamatan Kerja
Peserta Ucok Warrior pada saat mengikuti perlombaan beragam, diantaranya kegiatan kesehatan dan keselamatan kerja (K3) di Medan.
Mediaapakabar.com-Dalam rangka mengupaya serta membudayakan keselamatan dan kesehatan kerja terus digencarkan Pertamina. Sebagai perusahaan energi, sifat bisnis Pertamina berteknologi tinggi, membutuhkan kapital yang besar, dan tidak terlepas dari resiko yang tinggi. Oleh karenanya, kesehatan dan keselamatan kerja menjadi harga mati.

Hal itu diutarakan Pjs. General Manager Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I, Himawan, pada pembukaan kegiatan Ucok Warrior di kantor Pertamina MOR I Medan, Selasa (25/02/2020) siang.

Himawan menjelaskan, Ucok Warrior adalah kegiatan edukasi keselamatan dan kesehatan kerja yang dikemas dalam sebuah kompetisi agar lebih menarik. Melalui kegiatan ini, saya harap 12 aturan keselamatan dapat menjadi bagian integral dari operasi kita sehari-hari, katanya.

Unlimited Challenge of Knight (UCOK) Warrior melombakan beragam kegiatan kesehatan dan keselamatan kerja (K3). Diantaranya simulasi implementasi logout tagout (LOTO), bekerja di ketinggian, simulasi korban tenggelam dan pertolongan pertama, operasi lifting, mengemudi defensif serta ketangkasan dalam penanggulangan awal keadaan darurat.

"Ucok Warrior merupakan yang pertama dilaksanakan di Pertamina MOR I. Kegiatan ini diikuti oleh 120 pekerja dari seluruh wilayah operasi Pertamina MOR I di lima provinsi," ungkap Ivonne Deasy, Manager Health, Safety, Security & Environment (HSSE).

Ivonne menerangkan Kegiatan ini dikemas dalam bentuk permainan ataupun tantangan agar menarik para pekerja untuk turut berpartisipasi. Dengan tingginya minat pekerja, diharapkan tujuan dari Ucok Warrior untuk mengedukasi keselamatan kerja di lingkungan kerja Pertamina dapat tersampaikan secara lebih maksimal, paparnya.

Ditambahkannya, pada kesempatan itu, diberikan juga penghargaan kepada lokasi operasi yang konsisten menerapkan K3. Diantaranya penghargaan bagi Fuel Terminal Manager terbaik di bidang kesehatan dan keselamatan kerja, lokasi operasi dengan kinerja HSE terbaik, dan implementasi fit to work terbaik.

Ucok Warrior merupakan bagian dari peringatan  bulan K3. Sebelumnya, telah dilaksanakan kegiatan Behaviour Based Safety, HSSE Experience Zone, Campaign SPBU di Sumbar, Paramedic Upskilling, dan Workshop Upskilling HSSE, pungkas Ivonne.(abi)

Share:
Komentar

Berita Terkini