|

Peringati HPSN Kota Tanjung Balai Tahun 2020, Lanal TBA Gelar Gotong Royong

Kali Dibaca




Mediaapakabar.com-Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2020, Pangkalan TNI AL Tanjung Balai Asahan (Lanal TBA) bersama Pemko Tanjungbalai dan Forkopimda lainnya melaksanakan gotong royong bersama, Rabu (26/2) sekitar pukul 09.00 Wib.

Mengambil Thema "Indonesia Bersih, Indonesia Maju, Indonesia Sejahtera', rangkaian acara gotong royong, terlebih dahulu dilaksanakan apel peserta dilapangan bola jalan Garuda, Kelurahan Beting Kuala Kapias Kecamatan Teluk Nibung Kota Tanjungbalai, yang dipimpin langsung Danlanal TBA Letkol Laut (P) Dafris M.Sc.(MS) selalu Inspektur upacara.

Dalam sambutannya Letkol Laut (P) Dafris M.Sc.(MS) mengatakan,dalam rangka Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2020, dengan mengambil Thema Indonesia Bersih, Indonesia Maju, dan Indonesia Sejahtera, segenap masyarakat Kota Tanjungbalai yang didukung oleh Forkopimda, TNI, Polri, Organisasi Perangkat Daerah, Tim Penggerak PKK Kota Tanjungbalai, Komunitas Barisan Anti Plastik (Komunitas Batik), Himpipsos, OKP dan Relawan Pecinta Lingkungan Se-Tanjungbalai, ikut berperan serta.
"Jika kita memiliki komitmen dan melakukan  langkah sinergi berkelanjutan tidak membuang sampah sembarangan makan Indonesia tanpa sampah akan terwujud," sebutnya

Letkol Laut (P) Dafris M.Sc.(MS) mengajak seluruh masyarakat yang ada di Kota Tanjung Balai Asahan, agar menjaga kebersihan lingkungan dimulai dari lokasi rumah masing-masing. "Hal ini akan berdampak pula pada komitmen dan kesadaran diri pentingnya menjaga lingkungan termasuk sungai tetap bersih," ujarnya.

" Mari menciptakan rasa peduli terhadap sampah khususnya di Kota Tanjung Balai Asahan dan bersama-sama menjaga lingkungan sekitar tempat tinggal kita dengan tidak membuang sampah sembarangan serta senantiasa melakukan kepedulian dengan kegiatan Gotong Royong bersama”, tegas Letkol Laut (P) Dafris M.Sc.(MS)

Lebih lanjut kata Letkol Laut (P) Dafris M.Sc.(MS), Giat gotong-royong dilakukan pada pembersihan sungai, ini semua untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai permasalahan sampah yang menjadi persoalan serius dan multi dimensial, sehingga diperlukan Resonansi kepedulian persolan sampah secara terus menerus.

" Marilah kita menjadikan HPSN Tahun 2020 ini agar berfungsi sebagai sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat luas bahwa diperlukan kesadaran bersama untuk pelembagaan hidup bersih dan sehat," katanya.

Menurutnya,melalui pengelolaan sampah yang dimulai dengan mengatasi permasalahan sampah dari sumbernya, maka Edukasi tersebut seperti contoh inisiatif serta untuk berpartisipasi dalam bank sampah dan pembuatan kompos dari sampah.

"Kita bersama menyadari bahwa Pemerintah memiliki keterbatasan sumberdaya untuk menuntaskan pengelolaan persampahan sebesar 100% sesuai dengan target pemerintah pada Tahun 2025," jelasnya.

Oleh karena itu kata Letkol Laut (P) Dafris M.Sc.(MS) lagi, momentum HPSN Tahun 2020 ini dapat dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan peran aktif dan pemerintah, sinergi membangun masyarakat dan dunia usaha dalam pengelolaan sampah yang lebih baik di Kota Tanjungbalai sehingga Berprestasi, Religius, Sejahtera, Indah dan Harmonis dapat diwujudkan bersama.

Diakhir Sambutan Letkol Laut (P) Dafris M.Sc.(MS) menuturkan, pada kesempatan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional ini pula , pihaknya mengajak  semua agar kiranya dapat berperan sesuai dengan kapasitas dan kompetensi masing-masing untuk membangun dan membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat.

" Perilaku hidup bersih dan sehat tersebut dapat dimulai dari setiap diri pribadi, lingkungan keluarga, sampai yang lebih luas pada lingkungan sebagai bagian dari Gerakan Indonesia
Bersih seperti diamanatkan Instruksi Presiden nomor 12 Tahun 2016 tentang Gerakan Nasional Revolusi Mental khususnya berkaitan dengan program Gerakan Indonesia Bersih.

" Terimakasih juga khusus Kami apresiasikan untuk petugas kebersihan Kota Tanjungbalai, petugas penyapu jalan, petugas pengangkut sampah, petugas pengkorekan parit dan segenap karyawan kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup Kota
Tanjungbalai atas sumbangsihnya menjaga kebersihan Kota kita tercinta dan kepada kita semua marilah kita bekerja dan berbuat dalam mengelola sampah untuk hidup bersih, sehat dan bernilai dengan segala keikhlasan"

"Mudah-mudahan apa yang kita perbuat selama ini akan bermanfaat untuk masa yang akan datang dan insya Allah merupakan amal tersebut tak terputus dihadapan allah swt dan sebagai penutup, marilah kita kembali bersama-sama berdoa untuk para korban bencana longsor TPA Leuwigajah dan semoga bencana serupa tidak terjadi di Indonesia dan juga di seluruh dunia. Amin ya robbal alamin Menyelenggarakan gotong ", Imbuh Danlanal TBA Letkol Laut (P) Dafris M.Sc.(MS) menutup.

Kegiatan ini dihadiri lebih kurang 500 orang, tampak hadiri dalam kegiatan tersebut, Danlanal TBA Letkol Laut (P) Dafris M.Sc.(MS), Dandim 0208/AS Letkol Inf Sri Marantika Beruh,S.Sos, Danki 3 B Kota Tanjungbalai AKP Heri Sutikno SH, Sekda Tanjungbalai Yusmada Siahaan, SH MAP, Asisten II Pemerintahan  Nurmalini Marpaung S.STP.M.SI, Ketua PKK Kota Tanjungbalai Hj. Sri Silvisa Novita HM. Syahrial, Peserta Gotong-rotong : Forkopimda., TNI AD dan TNI AL, Polres Tanjungbalai dan Kompi Brimob serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Tim Penggerak PKK Kota Kanjungbalai, Komunitas Barisan Anti Plastik (Komunitas Batik), Himpunan Pemuda Islam peduli Sosial (HIMPIPSOS), Organisasi Kepemudaan (OKP), Relawan Pecinta Lingkungan Se Kota Tanjungbalai.

Pantauan dilapangan, kegiatan bersih-bersih ini dibagi 4 Zona yaitu Zona 1 membersihkan aliran sungai mulai dari sungai di Jalan Garuda Kelurahan Beting Kuala Kapias Kecamatan Teluk Nibung ke aliran Sungai Water Front City di Kelurahan Indera Sakti Kecamatan Tanjungbalai Selatan.

Zona 2 membersihkan aliran sungai mulai dari sungai di jalan Garuda Kelurahan Beting Kuala Kapias Kecamatan Teluk Nibung sampai ke aliran sungai yang berada di bawah Titi Gantung Kapias jalan Yos Sudarso Kelurahan Betung Kuala Kapias Kecamatan Teluk Nibung.

3. Zona 3 membersihkan aliran sungai mulai dari sungai di jalan Garuda Kelurahan Beting Kuala Kapias Kecamatan Teluk Nibung sampai ke aliran Sungai Esdengki Kelurahan Keramat Kubah Kecamatan Sei Tualang Raso dan Zona 4 Membersihkan sampah yang berada di darat di Kelurahan Beting Kuala Kapias, Kecamatan Teluk Nibung.

Sedangkan perlengkapan yang digunakan perahu masyarakat, perahu karet, dan tangguk untuk mengangkat sampah.

Sementara sampah yang berhasil ditemukan dialiran sungai yang dibersihkan adalah, Daun Kelaya, Botol minuman plastik, Pempes bayi, Batang kayu, Limbah rumah tangga seperti bekas sisa sayur, Kantong plastik, Botol minuman kaleng dan terpal penutup atas sampan perahu. Kegiatan Aksi Gotong-Royong Bersama selesai dan berlangsung dalam keadaan aman dan kondusif.(Surya)

Komentar

Berita Terkini