|

Ketua KPU Kota Medan : Jangan Torehkan Catatan Sejarah Buruk Pada Pilkada Kota Medan

Kali Dibaca


Ketua KPU Kota Medan  Lantik Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pilkada Kota Medan 2020

Mediaapakabar.com-Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Medan Agussyah Ramadani Damanik dalam sambutannya menghimbau, agar  Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kota Medan yang baru dilantik dan diselenggarakan di Hotel Inna Dharma Deli Medan,Sabtu (29/2), jangan sampai menorehkan catatan sejarah buruk pada Pilkada Kota Medan tahun 2020. Torehkanlah yang baik.

Karena tugas yang diemban oleh PPK sebagai bahagian dari penyelenggara pemilu adalah tugas mulia karena mengerjakan pekerjaan untuk kepentingan umum. Meskipun masih dalam skop lingkungan maupun tingkatan kecamatan. Namun sukses tidaknya penyelenggaran Pilkada kota Medan ada ditangan PPK.

Oleh karenanya sebagai PPK hendaknya  bekerjalah dengan sepenuh hati dan harus paham betul tentang apa-apa saja yang menjadi tugas-tugasnya maupun konsekwensinya sebagai petugas PPK.

Disinilah kesempatan untuk bersyukur kepada Tuhan yang Maha Esa ,  ketika mengemban tugas yang mulia tersebut. Hal yang terpenting dimana sumpah dan janji yang diucapkan bukanlah hanya sekedar janji tetapi  harus dilaksanakan  mengingat sumpah-janji yang telah diucapkan oleh PPK, dihadapan publik, mengikat sesuai aturan dan perundang-undangan maupun kode etik sebagai anggota PPK.

Sebagai penyelenggara pemilu tentu merupakan sesuatu yang sangat istimewa karena dengan mengambil tanggung-jawab sebagai PPK berarti harus siap melepaskan sebahagian dari kebebasan yang dimiliki sebagai warga negara dibanding warga umum lainnya .

"Kita harus patuh kepada kode etik baik itu melalui sikap dan perbuatan. Hindari perbuatan yang melanggar hukum, karena yang rugi bukan diri sendiri akan tetapi lembaga juga ikut tercoreng atas perbuatan kita,” kata Agussyah.

Tugas yang kita emban, lanjutnya, merupakan salah satu tugas negara yang wajib kita dijunjung sebagaimana sumpah janji yang diucapkan. “Untuk itu, hindari iming-iming dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Sekali lagi berikan yang terbaik dalam bertugas agar semua senang,” ujarnya.

Dia juga menyebutkan, bahwa proses seleksi untuk rekrutmen PPK untuk Pilkada Medan 2020 merupakan yang terbaik dibandingkan rekrutmen PPK sebelumnya.

Dijelaskannya, proses seleksi PPK untuk Pilkada Medan 2020 cukup berat, mulai dari seleksi administrasi, seleksi tertulis melalui metor CAT, dan wawancara. Bahkan masyarakat diberikan kesempatan sampai dua kali untuk dimintai tanggapan tentang calon PPK.

“Keterlibatan masyarakat juga ada, jadi prosesnya transparan tidak ditutup-tutupi. Pokoknya semuanya terbuka,” tegas Agussyah.

Menurut Ketua KPU dimana proses seleksi PPK yang dilaksanakan tahun ini, sudah sangat maksimal serta sangat transfaran dan hasilnya para petugas PPK yang baru dilantik ini merupakan PPK terbaik.

Dari 105 PPK Kota Medan yang dilantik dimana 70 persen diantaranya wajah baru, selanjutnya akan mendapatkan bimbingan teknis terkait  tugas tugas pokoknya sebagai penyelenggara pemilu.

Pelantikan yang disaksikan Kapolrestabes Kota Medan, Kombes Pol Johnny Eddizon Isir, Komandan Kodim 0201  atau yang  dan seluruh Komisioner KPU Medan dan Komisioner Bawaslu Medan maupun yang mewakili Pemko Medan, berjalan tertib dan  terkendali.(fas)
Komentar

Berita Terkini