|
Follow Us :

Kekuatan Kelompok Tempur USS Roosevelt Ini Benar-Benar Mengerikan

Kali Dibaca


Dari depan: USS Theodore Roosevelt, USS Pickney, USS Paul Hamilton, USS Russell, USS Kidd, USS Rafael Peralta, dan USS Bunker Hill.
Mediaapakabar.com-Kapal induk USS Theodore Roosevelt saat ini sedang beroperasi di Samudra Pasifik dan video ini menunjukkan kapal yang dijuluki “Big Stick” tersebut menjadi salah satu kapal perang paling terlindungi dalam sejarah.

USS Roosevelt dan 5.000 awaknya saat ini sedang dikawal oleh tidak kurang dari enam penjelajah dan kapal perusak rudal yang masing-masing mengemas hampir seratus rudal.
Video tersebut memperlihatkan USS Roosevelt sedang berlayar dalam formasi dengan sekelompok pengawal yang sangat kuat yang terdiri dari satu penjelajah rudal dipandu dan lima destroyer. Menurut U.S. Naval Institute News Fleet and Marine Tracker, kelompok tempur Roosevelt saat ini berada di suatu tempat di Pasifik Barat.
Sebuah kelompok tempur kapal induk Amerika. biasanya terdiri dari kapal induk, satu kapal penjelajah rudal berpemandu, dan dua atau tiga kapal destroyer rudal. Kapal penjelajah adalah pengawal utama yang bertugas mengoordinasikan pertahanan kapal induk, khususnya terhadap ancaman udara.
Bersembunyi di suatu tempat di dekatnya ada kapal selam serangan nuklir yang melindungi seluruh kelompok tempur dari ancaman bawah permukaan.
Theodore Roosevelt Carrier Strike Group kali ini tidak biasa karena besarnya pengawalan. Kapal penjelajah adalah USS Bunker Hill yang merupakan kapal penjelajah kelas Ticonderoga tertua.
Bunker Hill dilengkapi dengan Sistem Tempur Aegis, termasuk radar pertahanan udara SPY-1, dan dilengkapi dengan 122 sistem peluncuran vertikal. Setiap VLS adalah silo lapis baja yang mampu membawa rudal pertahanan udara SM-2, SM-6, dan ESSM, rudal jelajah serangan darat Tomahawk, dan torpedo roket anti-kapal selam.
Sedangkan kelima destroyer adalah kelas Arleigh Burke: USS Pinckney, USS Russell, USS Paul Hamilton, USS Kidd, dan USS Rafael Peralta.  USS Russell dan USS Hamilton adalah kapal Kelas Burke tertua yang tidak memiliki hangar untuk membawa helikopter.
Sementara USS Rafael Peralta adalah salah satu kapal terbaru. Masing-masing dari lima kapal perusak dilengkapi dengan 90-96 silo VLS, dengan total 468 silo yang tersebar di antara kapal perusak.
Selain pengawalan, USS Theodore Roosevelt membawa 44 jet tempur F / A-18E / F, sekitar lima pesawat tempur elektronik Grower EA-18G,  empat pesawat peringatan dini udara E-2C atau E-2D Hawkeye, dan dua pesawat angkut C-2A Greyhound. Sayap udara juga mencakup 19 helikopter MH-60 yang berbasis di Roosevelt dan pengawalnya.
engan kata lain, Theodore Roosevelt Carrier Strike Group terdiri dari 49 pesawat tempur dan 590 silo rudal dengan masing-masing membawa satu atau lebih rudal.
Ini adalah jumlah kekuatan yang luar biasa yang membuat Theodore Roosevelt salah satu kapal paling terlindungi di dunia. Kelompok tempur ini setara dengan kekuatan sebuah negara.  Bahkan harus diakui beberapa senjata yang dibawanya melebihi senjata yang dimiliki militer Indonesia.(Jejaktapak)
Komentar

Berita Terkini