|
Follow Us :

Ini Manfaat Bergandengan Tangan untuk Kesehatan

Kali Dibaca



Bergandengan Tangan
Mediaapakabar.com-Bergandengan tangan dengan orang terdekat seperti pasangan atau keluarga mungkin dianggap hal sepele yang biasa dilakukan sehari-hari untuk menunjukkan rasa sayang. Namun, tahukah Anda? Banyak sekali manfaat dari berpegangan tangan dengan orang terdekat untuk kesehatan!

Ada penelitian yang dilakukan di Universitas Haifa di Amerika Serikat kepada 22 pasangan heteroseksual dengan interval usia 23-32 tahun yang telah menjalin hubungan kurang lebih satu tahun.

Penelitian ini dilakukan dengan tiga skenario, yaitu pasangan dipisah ruangan, pasangan bersama-sama di satu ruangan namun tidak ada kontak fisik, dan pasangan yang bersama di suatu ruangan dengan berpegangan tangan.

Dengan masing-masing skenario, dilakukan pemeriksaan aktivitas otak menggunakan alat Electroencephalography (EEG). Berikut hasil penelitian yang didapatkan.

Percobaan pertama dilakukan dengan memberikan rasa panas kepada tangan pasangan wanita. Hasil yang didapatkan yaitu rasa panas sedikit berkurang pada pasangan yang berada di dalam satu ruangan.
Sedangkan, panas pada pasangan yang berpegangan tangan menunjukkan rasa nyerinya jauh lebih berkurang.

Berpegangan tangan dapat meningkatkan rasa empati satu sama lain. Karena, terjadi sinkronisasi gelombang otak antar pasangan.

Bergandengan tangan dapat membuat sinkron pernapasan antar pasangan. Sebab, detak jantung antar pasangan menjadi sama.

Manfaat Bergandengan Tangan bagi Kesehatan.
Selain memberi rasa nyaman, berpegangan tangan sebagai ungkapan rasa sayang dengan orang terdekat juga menciptakan beberapa manfaat lain untuk kesehatan bagi tubuh, yaitu: 

Mengurangi Gangguan Kecemasan 
Bergandengan tangan dapat membantu mengurangi produksi hormon kortisol, yaitu hormon penyebab stres. 

Ketika menggandeng tangan orang yang kita kasihi, gangguan kecemasan yang ada akan berkurang karena terdapat rasa aman, nyaman, dan tenang. 

Mengurangi Rasa Nyeri 
Rasa nyeri dapat berkurang saat Anda berpegangan tangan. Hal ini berkaitan dengan produksi hormon serotonin yang memberikan rasa nyaman. 

Selain itu, orang yang sedang merasa sakit dapat terbantu dalam mengurangi sensasi rasa nyerinya. Selain itu, rasa nyeri itu dapat “terbagi” ketika orang tersebut bergandengan tangan dengan orang yang dicintai.
Menyehatkan Jantung
Berpegangan tangan dapat menjaga jantung tetap sehat lho! Dengan melakukan sikap tersebut, tekanan darah dapat selalu terjaga dalam nilai normal dan kecepatan detak jantung dapat terkendali. 

Meningkatkan Imunitas di Dalam Tubuh
Dampak berkurangnya hormon stres saat bergandengan tangan juga dapat membuat daya tahan tubuh meningkat. Dengan begitu, gangguan kesehatan dapat dikurangi.

Mengurangi Risiko Gangguan Stres 
Saat stres terjadi, kadar hormon kortisol di dalam tubuh meningkat. Hal ini dapat dicegah dengan cara berpegangan tangan. Saat bergandengan tangan, terjadi produksi hormon serotonin yang berfungsi menghambat hormon stres.

Meningkatkan Kualitas Tidur 
Bergandengan tangan dapat membuat pikiran menjadi relaks. Efeknya cukup mengagumkan, bisa membuat tidur menjadi lebih cepat dan pulas. 

Lalu, tidur sambil berpegangan tangan dengan pasangan ternyata dapat membantu tidur Anda menjadi lebih berkualitas. 

Meningkatkan Kesehatan Otak 
Tahukah Anda? Berpegangan tangan dapat mengaktifkan area di dalam otak yang membantu menurunkan kadar produksi hormon stres di dalam tubuh.

Otak dapat bekerja lebih optimal saat tubuh dalam keadaan tenang dan akan memproduksi hormon endorfin yang mampu meningkatkan fungsi otak. Sangat bermanfaat, bukan?



Sumber : Klikdokter.com


Komentar

Berita Terkini