|

Ini Manfaat Tak Terduga dari Jus Belimbing

Kali Dibaca




Jus Belimbing
Mediaapakabar.com-Buah belimbing adalah buah tropis unik yang banyak ditemukan di negara Asia seperti India, Malaysia, Indonesia, Filipina, dan bahkan ada di Florida, Amerika Serikat. Selain sering diolah sebagai manisan, asinan, dan bahan pelengkap rujak, belimbing juga dapat dibuat sebagai jus minuman segar. Adakah manfaat kesehatan dari jus belimbing?

Sekilas tentang Buah Belimbing
Belimbing adalah tanaman yang punya nama latin averrhoa carambola. Ketika memotong buah ini, setiap potongannya akan berbentuk bintang. Maka, belimbing juga disebut starfruit atau berarti buah bintang.

Seperti kebanyakan buah tropis lainnya, belimbing memiliki kadar air tinggi mencapai 90 persen. Belimbing mempunyai rasa asam seperti buah jeruk, teksturnya garing seperti buah apel, dan sedikit manis seperti buah melon.

Menariknya, seluruh bagian buah ini termasuk kulitnya dapat dimakan, alias tidak perlu ribet harus mengupasnya terlebih dahulu. Namun, Anda tetap perlu untuk mencucinya dengan air bersih mengalir, lalu langsung bisa dilahap atau diolah sebagai jus minuman segar.Manfaat Jus Belimbing untuk Kesehatan

Kaya Vitamin C
Di dalam satu buah belimbing yang diolah menjadi jus, sudah mengandung setengah kebutuhan vitamin C per hari. Vitamin C dalam buah belimbing sangat bermanfaat bagi kesehatan karena dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu memperbaiki masalah kulit, rambut, kuku,  serta meningkatkan penyerapan kalsium dan besi.

Mencegah Penyakit Kronis
Pada jus belimbing, juga ditemukan zat antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas adalah zat yang dapat merusak sel-sel baik di dalam tubuh. Bila banyak radikal bebas, Anda jadi gampang terkena penyakit.

Selain itu antioksidan juga bermanfaat untuk mencegah kanker, adanya sumbatan plak pembuluh darah yang menyebabkan serangan jantung dan stroke, serta mencegah menurunnya fungsi penglihatan.

Baik untuk Orang yang Sedang Diet
Perlu diketahui, bahwa belimbing adalah buah yang rendah karbohidrat, di mana ini baik dikonsumsi untuk orang yang sedang diet rendah karbohidrat atau diet ketogenik.

Untuk satu porsi ukuran standar, belimbing menyediakan 6 gram karbohidrat, sedangkan untuk kandungan gulanya hanya mengandung sebanyak 3,6 gram per buah. Bagi orang-orang suka membatasi asupan gula mereka, buah ini juga dapat menjadi pilihan yang tepat.

Baik untuk Pencernaan
Belimbing dianggap sebagai makanan berserat tinggi, karena dalam satu porsi buahnya mengandung 2,5 gram serat. Apabila Anda makan satu buah belimbing dalam sehari, ini artinya Anda sudah memenuhi kebutuhan serat harian hingga 10 persen.

Serat dalam jus buah belimbing punya manfaat membantu meningkatkan feses buang air besar dan mencegah sembelit. Selain itu serat dalam buah belimbing punya efek yang lebih rendah dalam menaikan kadar gula darah, jadi baik dikonsumsi untuk orang diabetes. 

Mencegah Dehidrasi
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, buah belimbing mempunyai kandungan air yang sangat tinggi, hampir setara dengan buah semangka yang terkenal berair. Maka bisa dipastikan bahwa jus belimbing punya manfaat baik untuk mencegah dehidrasi yang bisa memicu badan lemas dan sakit kepala. 


Efek Samping Mengonsumsi Jus Belimbing
Walaupun mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, orang yang mempunyai masalah pada ginjal mereka harus berhati-hati dalam mengonsumsi buah belimbing. Buah belimbing dapat memberikan manfaat buruk pada ginjal karena banyak mengandung oksalat.

Apabila zat dalam oksalat jumlahnya tinggi, tubuh berisiko mengalami kondisi batu ginjal,  Sehingga penderita penyakit ginjal disarankan untuk menghindari mengonsumsi buah belimbing.

Sebagai kesimpulan, buah belimbing mempunyai manfaat kesehatan yang baik, namun bagi orang dengan penyakit ginjal harus berhati-hati untuk mengonsumsinya. Konsumsilah buah-buahan dalam jumlah yang cukup dengan jenis yang beragam dan tidak berlebihan agar Anda dapat mendapatkan manfaat yang baik bagi kesehatan.


Sumber : Klikdokter.com
Komentar

Berita Terkini