Ini 4 Cara Mengatasi Pipi Bengkak Akibat Sakit Gigi

armen
Jumat, 07 Februari 2020 - 08:58
kali dibaca



lustrasi Pipi Bengkak Akibat Sakit Gigi
Mediaapakabar.com-Pipi bengkak karena sakit gigi akan membuat penampilan wajah Anda sedikit berubah dan terlihat lebih bulat. Tak hanya itu, pembengkakan pada pipi terkadang disertai rasa sakit sehingga akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Sebelum belarut-larut, Anda perlu mengatasi kondisi tersebut sesegera mungkin. 

Sakit gigi adalah penyebab umum pipi menjadi bengkak. Ini merupakan masalah utama yang sering dialami banyak orang.

Sakit gigi biasanya disebabkan oleh karena kurangnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Selain itu, kondisi ini juga diakibatkan karena kebiasaan mengonsumsi makanan yang mengandung gula dalam kadar berlebih.

Awal Terjadinya Pipi Bengkak
Biasanya hal ini diawali dari kerusakan gigi, gigi berlubang atau adanya penyakit gusi yang dibiarkan saja.  Kondisi ini merupakan sumber timbulnya infeksi pada gigi.
Ketika infeksi terjadi, gusi dan wajah akan membengkak karena tubuh sedang berusaha memerangi bakteri yang sedang menyerang dalam tubuh. Bila kondisi tersebut tidak segera dilakukan perawatan, dapat bertambah parah dan menyebabkan abses.

Abses adalah kantong berisi nanah yang terbentuk di dalam mulut. Kondisi ini timbul disebabkan oleh adanya infeksi bakteri dan umumnya ditandai dengan rasa sakit. Bila tidak segera ditangani dapat memperburuk kondisi tubuh.

Gejala yang meliputi, diantaranya

Sakit gigi berdenyut parah
Nyeri dan bengkak pada gusi di sekitar gigi yang sakit
Gigi terasa sensitif terhadap suhu panas dan dingin
Demam
Kesulitan saat mengunyah atau berbicara
Kelenjar getah bening membengkak
Bau mulut.

Mengatasi Pipi Bengkak

Sakit gigi yang disertai adanya pembengkakan pada pipi memang sangat mengganggu penderitanya. Oleh karena itu, diperlukan penanganan segera agar tidak bertambah parah.

Beberapa cara menghilangkan bengkak sakit gigi yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

Kompres Dingin
Terapi dingin menggunakan es batu merupakan cara menghilangkan bengkak sakit gigi yang paling mudah dilakukan. Tindakan ini dapat membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit yang muncul pada daerah tersebut.

Tidak hanya itu, kompres dingin juga bisa mempersempit pembuluh darah untuk memperlambat aliran darah ke daerah yang terkena.

Hindari menempel es batu secara langsung pada kulit. Hal tersebut justru akan merusak jaringan dan memperburuk keadaan.

Tempelkan es batu yang sudah dibungkus dengan kain atau handuk ke pipi yang bengkak selama 10 hingga 20 menit, lalu istirahat selama 20 menit sebelum menempelkannya kembali. Ulangi hingga Anda merasa nyaman.

Kumur Air Garam
Berkumur dengan air garam hangat juga dapat dijadikan cara menghilangkan bengkak sakit gigi. Cara ini juga diduga mampu mengobati gusi bengkak, lho!

Pasalnya, air garam dapat mengurangi kadar bakteri di dalam mulut. Ini karena bakteri tidak dapat bertahan hidup di air asin.

Caranya, campurkan 2 sendok garam ke dalam air hangat lalu aduk, kemudian kumur secara perlahan. Lakukan kegiatan ini 3 kali sehari sampai rasa sakit berkurang dan Anda merasa nyaman.

Periksa ke Dokter Gigi
Periksa ke dokter gigi adalah cara menghilangkan bengkak sakit gigi, yang sekaligus dapat mengobati gusi bengkak. 

Anda mesti periksa ke dokter gigi, apalagi jika pembengkakan pada pipi disertai rasa sakit yang hebat, demam, menggigil dan sakit saat membuka mulut.

Gejala-gejala tersebut dapat terkait dengan infeksi gigi yang bila dibiarkan akan merusak gusi serta jaringan dan menyebar ke tulang rahang. Kondisi ini bahkan bisa menyebabkan infeksi darah atau sepsis yang mengancam jiwa. 

Antibiotik
Jika penyebab pipi bengkak berasal dari infeksi gigi, obat antibiotik dapat mengurangi pembengkakan pada wajah. Namun, diperlukan pemeriksaan secara langsung terlebih dahulu dan atas rekomendasi oleh dokter gigi. 

tulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi pipi bengkak karena sakit gigi. Sebagai pencegahan, jagalah kebersihan gigi dan mulut serta lakukan pemeriksaan dengan dokter gigi minimal 6 bulan sekali secara rutin.

Jangan sampai sakit gigi mengganggu hari-hari Anda!



Sumber : Klikdokter.com

Share:
Komentar

Berita Terkini