|
Follow Us :

IHSG Ditutup Menguat Pada Perdagangan Hari Ini

Kali Dibaca
Ekonom Sumatra Utara, Gunawan Benjamin di Medan.
Mediaapakabar.com-IHSG naik 0.23% di level 5.942,48. Kinerja IHSG membail seiring dengan mulai pulihnya mata uang global serta dibayangi kebijakan pemangkasan suku bunga acuan oleh bank sentral cina atau PBoC kata Ekonom Sumatra Utara kepada Mediaapakabar di Medan, Kamis (20/2/2020) siang.

Gunawan menambhkan, dari posisi sebelumnya di level 3.25%
Pada hari ini, cina kembali memangkas besaran suku bunga acuannya menjadi 3.15%.Aplle sebuah perusahaan IT raksasa juga memperkirakan penurunan pendapatan seiring dengan memburuknya wabah corona di china.

"Sejak virus corona mewabah di cina, perekonomian negeri panda tersebut terpukul yang memaksa bank sentral menurunkan bunga acuannya guna menstimulus perekonomian cina.

Multiplier efeknya juga dirasakan di sejumlah negara lain akibat pukulan dari penyebaran virus corona tersebut," ungkap Gunawan.

Tanpa terkecuali, lanjutnya indoneaia dan pemotongan besaran bunga acuan tersebut diharapkan nantinya memicu permintaan barang yang di hasilkan tanah air untuk di eskpoer ke cina, kebijakan seperti ini memang akan mendongkrak permintaan untuk permodalan, dan diharapkan memang perekonomian bisa diputar kembali seiring dengan memburuknya ekonomi cina di awal tahun ini, jelasnya.

Namun, kebijakan menurunkan bunga acuan tersebut menjadi pemicu melemahnya mata uang rupiah pada perdagangan hari ini terhadap us dolar.

Rupiah memang tidak sendirian melemah, mayoritas mata uang di asia melemah terhadap US Dolar, dan dampak lain yang bisa diharapkan selanjutnya adalah ada dorongan bagi negara lain untuk memutar ekonominya, pungkas Gunawan.(abi)
Komentar

Berita Terkini