Hore, 433 Desa di Indonesia Timur Akan Dialiri Listrik

armen
Sabtu, 29 Februari 2020 - 11:53
kali dibaca


Foto: Dok. Kemendes PDTT
Mediaapakabar.com-Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menggelar rapat koordinasi antarlembaga untuk program kelistrikan di 433 desa yang sampai saat ini belum dialiri listrik. Wakil Menteri Desa PDDT Budi Arie Setiadi mengatakan pihaknya berusaha agar desa-desa tersebut bisa terang benderang tahun ini.
"Kami bertekad tahun ini 433 desa tanpa listrik akan terang benderang," ujar Budi Arie setelah memimpin rapat koordinasi dalam keterangan tertulis, Sabtu (28/02/2020).
"Ini wujud syukur bagi perayaan 75 Tahun Indonesia merdeka. Seluruh desa di Indonesia harus terbebas dari kegelapan," imbuhnya.
Budi menjelaskan jumlah 433 desa itu terdapat di 4 Provinsi Indonesia Timur, seperti di Provinsi Papua 325 Kampung, di Papua Barat 102 Kampung, di NTT 5 Desa dan Maluku 1 desa.
Menurutnya kondisi geografis 433 daerah itu memang berat, mengingat luasnya wilayah dan sebagian besar di daerah pegunungan. Namun tekad untuk menerangi terus digalakkan.
"Tapi tekad kami bersama hampir 15.000 KK di 433 Desa itu akan memperoleh akses listrik, " jelas Budi.
Dia menyatakan pembahasan juga akan terus dipertajam mengenai desain teknologi dan kerangka pembiayaannya.
"Yang pasti negara harus hadir. Apa kita tega membiarkan saudara-saudara kita hidup tanpa listrik. Seluruh pihak bergotong royong bertekad mewujudkan Indonesia tanpa kegelapan," pungkasnya.
Sebagai informasi, hadir dalam rapat tersebut Dirjen Pembangunan Daerah Tertinggal Kemendes PDTT, Syamsul Widodo, Deputi Menko PMK Bidang Pemberdayaan Masyarakat Soni Hari Harmadi, Dirjen PDTU Aisyah Gamawati, Wakil Dirut PLN Dharmawan Prasojo, dan perwakilan dari Kemenkeu.


Sumber : Detik.com
Share:
Komentar

Berita Terkini