|
Follow Us :

Gubsu dan Bupati Langkat Dukung Pemindahan Pusara T. Amir Hamzah "Kesultanan Langkat Gelar Doa Syukuran"

Kali Dibaca

Mediaapakabar.com-Kesultanan Langkat selaku pemangku adat melayu Kabupaten Langkat, menggelar doa syukuran, yasinan serta tahlil dan tahtim, di Masjid Azizi Tanjung Pura, Langkat, Sabtu (29/2/2020).

Kegiatan ini, dalam rangka rencana pemindahan pusara Pahlawan Nasional T. Amir Hamzah dan para leluhur lainnya. Kelokasi bagian depan Masjid Azizi, tepatnya disamping sebelah kiri masjid.

Tujuannya, untuk memuliakan pahlawan nasional asal Langkat itu, sebab mahkamnya nanti akan dibangun lebih baik dan layak dari sebelumnya.

"Ini semua untuk memuliakan dan sebagai bentuk penghormatan kita, kepada pahlawan nasional negeri ini, " ungkap Sultan Langkat Tuanku Azwar Djalil Rahmad Shah Al-Hajj, selaku Sohibul Hajat.

Dikesempatan itu, Sultan Langkat, selain memohon doa untuk kelancaran pemindahan mahkam, juga mengucapkan terimakasih kepada Gubsu dan Bupati Langkat serta semua pihak atas dukungannya. Hingga rencana ini dapat dilaksanakan.

"Semoga niat baik kita semua ini, menjadi bukti bahwa kita adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya. Serta sebagai bukti kepedulian kita, menjaga sejarah agar sampai kepada anak cucu, " sebutnya.

Gubsu H. Edy Rahmayadi yang turut hadir, mengaku sangat mengapresiasi rencana ini, sebab sejalan dengan rencananya untuk menjadikan Masjid Azizi destinasi wisata religius dunia. 

"Selain untuk memuliakan, juga untuk meletakkan kelokasi yang lebih layak, karena mahkam T. Amir Hamzah dan Masjid Azizi adalah bukti sejarah Islam di Langkat yang pantas untuk dijadikan destinasi dunia, " yakinnya.

Senada, Bupati Langkat Terbit Rencana PA disela acara itu, juga mengaku sangat mendukung dan mengapresiasi, sebab selain  sejalan dengan Gubsu hal ini juga sejalan dengan visi misinya, yakni menjadikan Langkat religius.

"Semoga semuanya berjalan lancar seperti yang diinginkan, " ujarnya. 
Selanjutnya, Bupati menyampaikan, Pemkab Langkat  sangat menghormati dan menghargai jasa T. Amir Hamzah dengan mengabadikan namanya. Diantaranya, dengan membangun  tugu T. Amir Hamzah sebagai monument di Langkat, serta membangun taman T. Amir Hamzah  sejak 1987, yang berlokasi  Alun- Alun T. Amir Hamzah Kecamatan Stabat.

"Bahkan  baru - baru ini, tepatnya pada tahun 2015 lalu. Pemkab Langkat juga  membangun Taman Budaya T. Amir Hamzah, terletak disebelah kantor Bupati Langkat," ungkapnya.

Doa syukuran ini, juga dihadiri Tuan Guru Babussalam DR Zikmal Fuad MA, anggota Komisi X DPR RI Prof. Dr. Ir. Djohar Arifin Husein, Sekdakab Langkat dr. H. Indra Salahudin, Dandim 0203/Langkat, ketua MUI, perwakilan Sultan Asahan dan Sultan Asahan, para pejabat Pemkab Langkat, tokoh agama/masyarakat dan pemuda, masyarakat melayu Langkat dan undangan lainnya. (rel/dn) 
Komentar

Berita Terkini