Genjot Digitalisasi, Konsumen SPBU Makin Pasti

Media Apakabar.com
Senin, 17 Februari 2020 - 22:17
kali dibaca
Genjot Digitalisasi, Konsumen SPBU Makin Pasti
Direktur Pemasaran Retail PT Pertamina (Persero), Mas’ud Khamid pada peresmian SPBU Tol Medan-Tebingtinggi KM 65 di Serdang Bedagai
Mediaapakabar.com-PT Pertamia (Persero) mempercepat penerapan digitalisasi SPBU. Sistem ini diyakini memberikan manfaat kepada konsumen berupa peningkatan kepastian takaran. Digitalisasi juga diharapkan dapat meningkatkan pengawasan penyaluran BBM.

Hal itu disampaikan Direktur Pemasaran Retail PT Pertamina (Persero), Mas’ud Khamid pada peresmian SPBU Tol Medan-Tebingtinggi KM 65 di Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Senin (17/02/2020). 

Pada kesempatan itu, turut hadir Direktur Utama PT Pertamina Retail Sofyan Yusuf, SVP Retail Marketing Business Jumali, General Manager Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I Gema Iriandus beserta jajaran, EVP Telkom Regional Sumatera 1 Ketut Budi Utama dan perwakilan muspida Serdang Begadai.

"Saat ini tidak ada operator yg penguasaan pasar sampai 50 persen. Pertamina mampu melayani sampai 80 persen pangsa pasar di Indonesia. Ke depan, persaingan adalah di pelayanan dan kemudahan, termasuk digital," ujar Mas'ud.

Untuk itu, lanjut Mas'ud, pihaknya terus menggenjot penerapan digitalisasi SPBU. Dari total lebih dari 5.000 SPBU yang akan digitalisasi, saat ini sekitar 3.000 sudah terlaksana. Sisanya akan dikebut hingga 2020 ini.

Melalui digitalisasi SPBU, penyaluran BBM dari tiap nozzle atau selang SPBU dapat tercatat secara akurat dan mendekati waktu faktual. Sehingga konsumen mendapat manfaat peningkatan kepastian takaran.

Pertamina juga dapat meningkatkan pengawasan atas penyaluran BBM. Sistem ini terintegrasi secara nasional hinga dapat dimonitor di pusat.

"Termasuk SPBU KM 65 A dan B yang kita resmikan hari ini. Jumlah penyaluran serta  kondisi stok bisa saya monitor dari ruang kerja. Dan sudah bisa transaksi non tunai menggunakan aplikasi MyPertamina yang didukung LinkAja. Konsumen juga bisa langsung ikut program Berbagi Berkah MyPertamina," ungkap Mas'ud.

Program Berbagi Berkah MyPertamina (BBM) memberi apresiasi kepada pelanggan setia produk-produk berkualitas Pertamina seperti Perta Series, Dex Series, Elpiji 12kg, serta Bright Gas. Konsumen berkesempatam membawa pulang beragam hadiah menarik.

Misalnya mobil Porche Boxster, beragam moge, puluhan pasang paket umroh dan  paket wisata Eropa, serta kiloan emas batangan. Tidak hanya hadiah utama, konsumen bisa menikmati hadiah saban minggu dan hadiah bulanan.

Informasi program BBM 2020 dan mekanisme lebih lanjut, dapat mengakses akun media sosial instagram @mypertamina, website mypertamina.id, aplikasi MyPertamina, serta Pertamina Call Center 135.

Sementara itu, Sofyan mengatakan bahwa SPBU KM 65 A an B berada di bawah manajemen Pertamina Retail. "Ke depannya SPBU ini juga akan ditambahkan swalayan mini Bright Store dan restoran. Hal ini untuk memberi kenyamanan kepada pelanggan yang membutuhkan istirahat saat melakukan perjalanan di Tol," pungkas Sofyan.

Berbarengan dengan peresmian SPBU, Pertamina juga memberikan santunan senilai 25 juta rupiah bagi anak yatim di sekitar SPBU KM 65. Juga bantuan pendidikan bagi SD negeri 105417 Tanah Raja dan pondok pesantren Toyifah Almansurah senilai total 100 juta rupiah.(abi)
Share:
Komentar

Berita Terkini