Efektifkah Atasi Sembelit dengan Kopi? Ini Ulasannya

armen
Kamis, 27 Februari 2020 - 18:22
kali dibaca


Pria sedang Sembelit
Mediaapakabar.com-Katanya, minum kopi bisa atasi sembelit karena memicu mulas dan BAB pun jadi lancar. Benarkah demikian? Mari simak penjelasannya di bawah ini.

Kopi adalah minuman yang kerap dikonsumsi agar “mata dan pikiran melek”. Selain itu, kopi yang rasanya nikmat ini, katanya punya manfaat untuk mengatasi sembelit atau konstipasi. Benarkah demikian?

Manfaat Kopi untuk Mengatasi Sembelit

Kopi sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat urban. Di tengah padatnya jadwal kerja, kopi sering dianggap sebagai penyelamat. Bagaimana tidak? Untuk dapat fokus bekerja 8 jam setiap hari kita pasti membutuhkan kopi untuk membantu kita tetap ‘bangun’.

Nah, untuk para pencinta kopi, sekarang minuman ini tidak sekadar menjadi penghilang rasa ngantuk saja. Pasalnya, banyak pakar yang melakukan penelitian akan manfaat kopi untuk mengatasi sembelit.

Ada satu studi yang melakukan yang melakukan penelitian pada 99 partisipan. Mereka yang terlibat dalam penelitian diwawancarai mengenai kebiasaan buang air besar dan minuman apa yang mereka konsumsi untuk melancarkan susah BAB tersebut.

Sebanyak 63% partisipan mengatakan bahwa kopi adalah minuman yang mereka gunakan untuk memicu keinginan buang air besar. Kopi ditemukan meningkatkan pergerakan usus bagian rectosigmoid, setidaknya dalam waktu 30 menit setelah meminumnya. Hasil ini membuktikan bahwa kopi menstimulasi respon motorik dari usus bagian distal pada beberapa orang.

Entah efek akibat kopi atau kandungan kafeinnya sendiri masih belum bisa menjelaskan bagaimana minuman ini bisa mengatasi sembelit. Pasalnya, pada penelitian lain juga ditemukan bahwa kopi yang tidak mengandung kafein ternyata juga dapat menstimulasi pergerakan usus pada beberapa orang.

Meski demikian, manfaat mengatasi sembelit tidak ditemukan pada teh dan soda walaupun minuman tersebut sama-sama mengandung kafein.

Pada sebagian orang, minum kopi memang punya efek membantu melancarkan BAB. Akan tetapi menurut International Foundation for Functional Gastrointestinal Disorders (IFFGD), minuman berkafein secara berlebihan justru membuat frekuensi BAB meningkat dan konsistensi feses yang keluar lembek hingga cair.

Jadi, bisa dikatakan bahwa kopi dapat membantu mengatasi sembelit pada beberapa orang. Namun, kopi tidak bisa menyembuhkan atau mengatasi kondisi sembelit yang sudah parah.

Maka, ketimbang mengonsumsi terlalu banyak kopi yang bisa menguras dompet, sebaiknya Anda mengatasi penyebab dasar sembelit itu sendiri dengan hidup sehat dan berobat ke dokter.

Berikut adalah cara alami mengatasi sembelit yang murah, mudah, dan pastinya aman:

Perbanyak Asupan Serat
Serat adalah nutrisi yang dapat membantu mendorong feses keluar dengan cara memicu pergerakan usus. Nantinya, efek ini akan memicu Anda untuk buang air besar. Serat yang dapat dikonsumsi untuk meredakan sembelit bisa didapat dari sayur, buah dan biji-bijian (gandum).

Perbanyak Minum Air Putih
Banyaknya air di dalam usus maka akan membuat tekstur feses lebih lunak dan mudah dikeluarkan. Usahakan minum air mineral sebanyak 8 gelas sehari untuk cegah sembelit.

Banyak Bergerak dan Beraktivitas
Perbanyak aktivitas atau bergerak (hindari sedentary lifestyle). Terlalu lama duduk atau rebahan akan membuat usus malas bergerak dan sembelit pun terjadi.

Ikuti jadwal BAB, Jangan Ditahan
Usahakan selalu makan di jam yang sama setiap harinya dan biasakan untuk buang air besar di waktu sama pula. Misalnya, setelah sarapan pagi, luangkan waktu 30 menit untuk duduk atau jongkok guna memicu rasa mulas dan BAB dan kelar. Hindari menahan BAB, karena ini bisa mengacaukan pola kontraksi usus dan Anda bisa terkena sembelit.

Pijat perut
Lakukan pemijatan di area perut atau pengolesan minyak untuk membantu menstimulasi pergerakan usus. Anda bisa melakukan pijat perut sendiri ini di pagi hari, misalnya sebelum mandi dan BAB.

Gejala sembelit bisa dialami oleh orang yang punya penyakit Hirschsprung, multiple sclerosis, diabetes, penyakit tiroid, atau Irritable bowel syndrome (IBS). Sehingga, minum kopi tidak bisa menjadi obat yang meredakan sembelit. Untuk itu, Anda harus periksa ke dokter untuk mengatasi penyebab dasar susah buang air besar.

Kesimpulannya, manfaat minum kopi hanya untuk pemicu mulas saja, bukan sebagai cara mengatasi sembelit yang pasti.  Sembelit yang tidak kunjung sembuh dalam waktu 2 sampai 4 minggu, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter, karena dikhawatirkan ini bisa menjadi gejala penyakit lain. 


Sumber : Klikdokter.com
Share:
Komentar

Berita Terkini