|
Follow Us :

DPC GRANAT Simalungun Apresiasi Sosialisasi P4GN BNNK Simalungun di Kantor Camat Ujung Padang

Kali Dibaca


Kaban BNNK Simalungun Kompol Suhana Sinaga dan Pengurus DPC Granat Simalungun di acara Sosialisai P4 GN
Mediaapakabar.com-DPC GRANAT Simalungun melalui Ketua Bidang Pembinaan dan Pendidikan Masyarakat,dr.Andika Putera Silangit didampingi Anggota DPC GRANAT Simalungun Pangondian Gultom  dan Dedi Sinulingga mengapresiasi Kegiatan Sosialisasi Bahaya Penyalahgunaan Narkoba Kepada Pelajar dan Pemangku kepentingan SeKecamatan Ujung Padang, Simalungun  yang digelar di Kantor Camat Ujung Padang, Rabu 26 Februari 2020.

Kegiatan yang diprakarsai Manager Kebun Unit Tinjowan, PTPN 4 Raja Suandi Purba bekerja sama dengan Pemerintah Kecamatan Ujung Padang,Camat Ujung Padang,M.Fikri F Damanik,SIP,MS.I yang diwakilkan kepada Sekcam Ujung Padang,Manaon Siregar,SP.dI,MS.I bersama Tokoh Masyarakat Kecamatan Ujung Padang,Yang Juga Anggota DPRD PDI Perjuangan Simalungun, Mariono,SH dinilai positif dalam memberi pemahaman tentang bahaya penyalahgunaan narkotika dikalangan pemuda.

Dimana Pelaksanaan Kegiatan P4GN (Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan& Peredaran Gelap Narkotika)Oleh BNNK Simalungun dipimpin langsung  Kaban BNNK Simalungun,Kompol.Suhana Sinaga.

Menurut DPC GRANAT Simalungun, kegiatan ini  sebagai bukti keseriusan untuk memerangi  Peredaran gelap narkotika dari Seluruh Stakeholder, Pemangku kepentingan yang ada di Wilayah Kecamatan Ujung Padang, Simalungun, agar Para Pelajar SD, SMP dan SMA di Kecamatan Ujung Padang, SIMALUNGUN dapat terhindar,dan mempunyai Daya Tahan Tangkal dari Jeratan Bujuk Rayu Para Bandar dan Pengedar Narkoba .

DPC GRANAT Simalungun melalui dr.Andika Putera Silangit menegaskan bahwa tidak dipungkiri lagi bahwa Penyalahgunan Narkoba terus meningkat signifikan di Indonesia. Mengutip Pernyataan Dirjen Pemasyarakatan Kemenkum&Ham,Sri Puguh Budi Utami  saat ini jumlah Tahanan Kasus Narkoba  mencapai 115.000 Orang  di Tahun 2019.

Dia menambahkan, pemakaian Narkoba yang suka berganti-ganti jenis Narkoba dan pemakaian Narkoba yang menggunakan hanya satu Alat Jarum Suntik yang dipakai oleh banyak pengguna Narkoba mengakibatkan kecenderungan rentan terhadap HIV AIDS dan akan munculnya dampak kejiwaan yang buruk serta semakin  nyata efek kejiwaan yang lebih mengerikan akibat pemakaian Narkoba yang campur campur.

“Dengan Situasi Kondisi Indonesia yang saat ini Gawat Darurat Narkoba sangatlah tepat apabila pola Pencegahannya harus dilakukan secara Multi dimensional dan terfokus pada sasaran beresiko tinggi Yakni Generasi Pelajar&Mahasiswa yang menjadi Penerus Keberlangsungan Bangsa ini,” katanya.

Dia mengakui, minimnya Pemahaman di  Masyarakat Simalungun tentang bahaya Narkoba adalah merupakan faktor penghambat dalam upaya pencegahan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkotika di Simalungun.

Penyebab yang lain adalah dikarenakan rendahnya partisipasi masyarakat dalam upaya pencegahan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkotika di lingkungan tempat tinggalnya.

Karena itu  ,DPC GRANAT Simalugunn menilai,  perlu dilakukan Advokasi P4GN (Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan &Peredaran gelap Narkotika) untuk mengurangi kesenjangan informasi atas ketentuan tentang permasalahan Narkoba maupun pemahaman masyarakat terhadap bahaya yang ditimbulkan akibat Penyalahgunan Narkoba tandas akhir dr.Andika ketika berfoto bersama dengan KABAN BNNK Simalungun,Kompol.Suhana Sinaga.

Sebelumnya, DPC GRANAT SIMALUNGUN, melalui Sekretaris nya ,Adri Pinantoan,SP.d Bersilahturahmi kepada KETUA PDGI SIMALUNGUN,drg.Jenny , Senin (24/02/2020) menegaskan bahwasanya Penyalahgunaan Peredaran Gelap narkoba di Wilayah Simalungun sudah sangat merajalela dan memprihatinkan.

Untuk itu ,  kepada ujung tombak Kesehatan  yakni Puskesmas dan  Rumah sakit agar dapat kiranya memberikan Advokasi P4GN (Berdasarkan INPRES No 6 Tahun 2018) melalui Promosi Kesehatan di  desa-desa dan Perkotaan di Simalungun(Sesuai INPRES NO 1 Tahun 2017, Tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat)&PDGI SIMALUNGUN mendukung Program P4GN tandas akhir drg.Jenny kepada Sekretaris DPC GRANAT SIMALUNGUN,Adri Pinantoan,SP.d(rel/dn)
Komentar

Berita Terkini