Bupati Taput Tinjau Lahan Pertanian Hidroponik Sayur Mayur dan Budi Daya Jeruk

Media Apakabar.com
Kamis, 06 Februari 2020 - 17:42
kali dibaca
Bupati Taput Tinjau Lahan Pertanian Hidroponik Sayur Mayur dan Budi Daya Jeruk
Bupati Nikson Nababan saat meninjau Lahan Pertanian Hidroponik Sayur Mayur dan Budi Daya Jeruk
Mediaapakabar.com-Bupati Nikson Nababan didampingi  Ketua DPRD Taput Poltak Pakpahan, Staf Ahli Bupati Eliston Lumbantobing, Asisten II Osmar Silalahi dan beberapa Pimpinan OPD tinjau Lahan Pertanian Hidroponik milik PT. Wahana Sumber Jaya, di Desa Pohan Tonga Kecamatan Siborongborong, Kamis (06/02).

Pertanian Hidroponik sayur mayur ini tanpa pestisida termasuk budidaya Jeruk dengan 11 varietas, yang salah satu varietasnya adalah Sunkist Siborongborong.

Dalam kesempatan itu, Bupati menyampaikan apresiasi atas pengembangan jeruk varietas Sunkist Siborongborong yang rasanya manis dan segar. 

"Ini perlu disosialisasikan bagi petani di Jeruk di Tapanuli Utara untuk mengembangkan varietas ini tanpa pestisida, jadi bisa langsung dikonsumsi. Ini langkah maju bagi sektor pertanian Taput, untuk itu perlu dikembangkan terus karena kebutuhan masyarakat sekarang adalah buah dan sayur yang higienis serta tanpa pestisida," ujar Bupati mengawali.

Bupati juga mengunjungi screen House (rumah kaca) untuk pertanian sayur mayur hidroponik. Sayur higienis seperti ini bisa langsung dinikmati di tempat dan sangat bagus untuk kesehatan. Di samping lebih sehat dan higienis juga pasarannya akan lebih luas. 

"Saya ingin pertanian hidroponik ini akan meluas bagi masyarakat Tapanuli Utara. Begitu juga bagi Pimpinan OPD yang turut serta sebagai mitra bagi mereka untuk mengenbangkan pertanian hidroponik ini. Permintaan untuk buah dan sayur ini sangat tinggi, sementara yang mereka hasilkan belum bisa memenuhi permintaan. Semua penyuluh Pertanian, Gapoktan dan juga kelompok tani untuk studi banding juga kesini," ujar Bupati mengakhiri. 

Sambil memetik dan menikmati jeruk, melon, strawberry, anggur, apel, jagung manis M 28 dengan kepastian harga dipasaran dan sayur hidroponik, Bupati Taput mengajak pihak Perusda pertanian juga mengambil langkah menyikapi pertanian hidroponik ini dengan kelebihan higienis dan mudah dirawat.

Pada kesempatan tersebut, Bupati yang juga didampingi tokoh masyarakat Tigor Lumbatoruan dan Camat Siborong-borong Josua Napitupulu disuguhi hasil buah Pertanian Hidroponik yang sangat nikmat, baik dalam bentuk buah langsung makan maupun jus.
Kepala Kebun Rudi, menyampaikan rasa bahagia atas kunjungan Bupati Taput.

"Terimakasih atas kunjungan Bupati Taput yang sangat berharga bagi kami. Kami berharap kunjungan berikutnya dari pak Bupati.  Ini salah satu upaya kami mengurangi ketergantungan import," ucap Rudi.(ganda)
Share:
Komentar

Berita Terkini