Bupati Taput Gelar Temu Tani di Lahan Pertanian Silait-lait

Media Apakabar.com
Kamis, 06 Februari 2020 - 23:25
kali dibaca
Bupati Nikson Nababan saat memetik hasil pertanian masyarakat di Desa Silait-lait.
Mediaapakabar.com-Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si didampingi Ketua DPRD Taput Ir. Poltak Pakpahan, Asisten II Osmar Silalahi dan beberapa Pimpinan OPD temu dengan Kelompok Tani dari beberapa kabupaten yang digelar PT. Cap Panah Merah di lahan pertanian tomat Desa Silait lait, Kecamatan Siborongborong, Kamis (06/02).

Selain dari Kabupaten Tapanuli Utara hadir juga kelompok tani asal Kabupaten Humbang Hasundutan dan Kabupaten Karo.

"Petani itu adalah pejuang kehidupan. Tanpa petani, masyakarat Indonesia tidak bisa menikmati makanan dan buah buahan.

Saya selalu sambut positif kegiatan yang sifatnya membangun sektor pertanian. Menemukan masalah masalah apa yang dihadapi dan selanjutnya mencari apa solusinya. Disini juga para Penyuluh harus berperan aktif berkoordinasi dengan pihak perusahaan Cap Panah Merah, apa apa yang bisa menjadi masukan bagi sektor pertanian kita," ujar Bupati mengawali arahannya.

Selanjutnya Bupati Taput menyampaikan bahwa untuk menjaga agar petani tidak merugi,  Pemkab Taput sudah menghadirkan pasar lelang dan jaminan harga sejak tahun 2016.

"Penyuluh harus tetap buat terobosan terobosan di sektor pertanian, terus berinovasi dan lihat produk pertanian yang memiliki permintaan tinggi, seperti Cabai merah dan juga tomat. Tetap berinovasi, cari solusi masalah dan penyuluh harus turun terus langsung ke lahan lahan pertanian masyarakat," ujar Bupati menambahkan.

"Kita juga sudah buat Akte Notaris bagi Kelompok Tani sebanyak 600 akte agar Petani bisa mendapat bantuan bantuan di bidang pertanian baik dari Kementerian Pertanian maupun Pemerintah Propinsi. Tetap semangat, tetap berjuang dan tetaplah jadi pejuang pejuang kehidupan," ujar Bupati mengakhiri.

Dalam kesempatan itu, salah seorang Penyuluh Pertanian Taput Opat Parulian Purba menyampaikan berbagai terobosan Pemkab Taput melalui penyuluh di bidang pertanian. "Saya sangat bangga dengan Bupati Taput Bapak Nikson Nababan.  Luar biasa perhatiannya kepada Petani, selalu turun dan melihat langsung ke lahan lahan pertanian. Terimakasih pak Bupati," ujar Purba mengakhiri.

Usai diskusi dengan petani, Bupati Taput lakukan panen perdana Cabai Merah Lentur dan Tomat ditandai dengan pengguntingan pita dan memetik langsung cabai Merah dan Tomat.(ganda)
Share:
Komentar

Berita Terkini