Bupati Resmi Buka Pelaksanaan Ujian CPNS Formasi 2019 di Lingkungan Pemkab Asahan

Media Apakabar.com
Senin, 03 Februari 2020 - 14:38
kali dibaca

Mediaapakabar.com-Pelaksanaan ujian Calon Pegawai Negeri Sipil  (CPNS) formasi tahun 2019 dilingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan, secara resmi dibuka oleh Bupati Asahan H. Surya, Senin (03/02/2020) bertempat diaula SKB Dinas Pendidikan.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Nazaruddin, SH dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan dari diadakannya seleksi pengadaan Calon Pengawai Negeri Sipil adalah untuk mendapatkan calon aparatur yang memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas.

Hal itu guna mengisi kekurangan atau kebutuhan jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan ujar Nazaruddin.

Selain itu kata Nazar, calon CPNS harus memiliki kompetensi dasar dan kompetensi bidang sesuai dengan kebutuhan, tuntutan jabatan.

Karena peran CPNS sebagai penyelenggara pemerintah harus  memiliki karakter yang profesional, jujur, bertanggungjawab dan netral dalam berpolitik walaupun memiliki hak politik.

Lebih lanjut Nazar menjelaskan, bahwa CPNS yang mengikuti seleksi ujian saat ini diikuti oleh peserta yang berasal dari 4 Kabupaten antara lain Kabupaten Asahan  ada sebanyak 4162 peserta.

Kemudian Kabupaten Labuhan Batu ada sebanyak 5287 orang peserta.Lalu Kabupaten Batubara ada sebanyak 5976 orang dan Kabupaten Labuhan Batu Selatan  ada sebanyak 297 orang.

Dalam pelaksanaan ujiannya, Nazaruddin mengatakan semuanya Kita serahkan sepenuhnya kepada tim pengawas dari Kanreg VI BKN Medan,ucapnya.

Masih dikatakan Nazaruddin,dimana  jadwal pelaksanaan seleksi pengadaan CPNS daerah formasi 2019 akan dilaksanakan terhitung sejak tanggal 03-16 Februari 2020 dengan rincian Kabuparen Asahan selama 4 hari, Kabupaten Labuhan Batu selama 6 hari, Kabupaten Batu Bara selama 6 hari dan Kabupaten Labuhan batu Selatan 1 hari sebut Nazar.

Sementara Plt Kabid Inka BKN Regional VI Medan Jossy Sahat Parsaoran dalam sambutannya berharap semoga ujian CPNS ini dapat berjalan dengan lancar dan para peserta ujian dapat mengerjakan soal-soal ujian tersebut dengan baik dan tenang.
Ditempat yang sama Bupati Asahan H. Surya, BSc dalam kata sambutannya mengatakan bahwa  pelaksanaan seleksi CPNS formasi tahun 2019, Kita laksanakan berdasarkan sesuai dengan ketentuan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Artinya Kita melaksanakan pengadaan CPNS dengan  mengedepankan prinsip transparansi, akuntabilitas, bebas korupsi, kolusi dan nepotisme serta tidak dipungut biaya apapun, kata H Surya.

Oleh karena itu, H Surya  mengimbau agar seluruh masyarakat ataupun peserta agar tidak percaya terhadap oknum-oknum tertentu yang bisa membantu atau menjanjikan agar dapat lulus menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil dengan memberikan sesuatu imbalan tertentu.
H.Surya menuturkan bahwa jumlah peserta CPNS yang lulus administrasi sebanyak 4162 orang untuk mengisi 120 formasi jabatan yang tersedia.

Kita berharap dengan adanya sistem ujian yang begitu ketat mulai selek ujian administrasi maupun Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) nantinya benar-benar menghasilkan peserta CPNS yang berkualitas dan berkompeten ujar Bupati.

"Maka kepada peserta ujian, yang mengikuti ujian CPNS, saya berharap agar dapat mempersiapkan diri dan berusaha sebaik mungkin agar lulus  menjadi CPNS di Kabupaten Asahan" harap Bupati Surya.

Dalam kesempatan tersebu Bupati Asahan didampingi  Plt Kabid Inka BKN Regional VI Medan, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Asisten Adminiatrasi Umum, Kepala Dinas Kominfo, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala BKD dan Kasat Intel Polres Asahan  secara resmi membuka pelaksanaan ujian CPNS formasi tahun 2019 sekaligus meninjau kesiapan pelaksanaan seleksi
Ujian tertulis..(Depram)
Share:
Komentar

Berita Terkini