|
Follow Us :

Bupati Hadiri Pelantikan Japnas Kabupaten Sergai Periode 2020-2025

Kali Dibaca

Mediaapakabar.com-Kepengurusan Japnas Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) periode 2020-2025 dilantik oleh Ketua Pengurus Wilayah Japnas Sumatera Utara (Sumut) Syahrul Akbar di Pantai Pondok Permai, Kecamatan Pantai Cermin, Kamis (6/2/2020).

Pengurus Japnas Sergai yang baru dilantik yaitu Sebagai Dewan Pembina, Ketua Ir Soekirman, Anggota Darma Wijaya, Anggota dr. Riski Ramadhan. Sedangkan untuk Dewan Pengawas, Ketua Searca Agung Nugroho, yang beranggotakan Jalalludin dan meryanto. Sementara itu, Ketua Umum Rita Maizar, dan Ketua Harian M. Arif BSP Lubis.

Dalam Acara pelantikan tersebut juga dihadirWakil Bupati (Wabup) H Darma Wijaya yang juga Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Sergai, Ketua Pengurus Wilayah Japnas Sumut Syahrul Akbar, Kepala Bank Sumut Cabang Sei Rampah, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Kadis Kominfo Drs H Akmal AP, M.Si, para Kades dan pengusaha Sergai. 

Bupati Soekirman dalam sambutannya menyampaikan, masyarakat Sergai memang banyak yang tinggal di kampung namun orangnya tidak kampungan. 

“Dalam kesempatan kali ini saya bukanlah merupakan seorang yang ahli usaha komersial namun saya merupakan seorang yang ahli dalam bidang usaha sosial seperti halnya saat ini yang tengah kami gerakkan adalah Yayasan Bitra Indonesia. Itu merupakan usaha yang bergerak di bidang sosial,” ujar Soekirman.

Dalam pergerakannya, lanjut Bupati, bidang usaha sosial sangat berkaitan dengan kepercayaan orang banyak. Sekali saja kita berbuat kesalahan maka untuk waktu yang lama bahkan selamanya kita tidak dipercaya lagi.

“Sedangkan dalam membangun usaha, terdapat lima hal yang harus kita miliki dan kita terapkan, yang pertama adalah produk, setiap usaha yang ingin maju dan berkembang kita harus memiliki produk yang jelas. Selanjutnya adalah harga, dalam kesuksesan membangun usaha hal yang tidak bisa dilupakan adalah harga, bagaimana kita dapat menempatkan harga yang tepat,” imbuhnya.

Kemudian promosi, yang merupakan bentuk pemasaran yang tidak bisa terlepas dari membangun usaha. Dengan adanya promosi yang tepat, katanya, maka produk yang dihasilkan akan dikenal masyarakat luas. Kemudian hal yang tak kalah penting adalah hubungan (relation) seorang pengusaha kepada masyarakat. 

“Dengan hubungan baik kepada masyarakat maka mereka akan lebih yakin dengan produk yang kita tawarkan. Dan yang terakhir adalah kekuatan. Dalam membangun usaha menjadi lebih baik lagi maka hal yang tidak bisa kita tinggalkan adalah adanya kekuatan kita selaku titik dari semua pergerakan,” lanjutnya.

Selain lima hal tersebut, tambah Soekirman, ada empat pendukung yang harus diimplementasikan dalam menjalankan usaha, yaitu nilai kemandirian, nilai sinergi, nilai kongkrit dan yang terakhir adalah nilai smart. 

“Saya yakin kehadiran Japnas mampu tingkatkan perekonomian Sergai,” ucap Bupati mengakhiri.

Sementara Wabup Darma Wijaya menyampaikan bahwa Japnas harus fokus dengan UMKM Sergai yang saat ini masih naik turun dalam perkembangannya. 

“Sebagai pengusaha kita jangan sampai salah menggunakan modal usaha, terakhir saya berharap  kepada seluruh pengurus Japnas serius dalam menjalankan segala sesuatu yang dapat mengembangkan organisasi ini hingga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat kerena usaha akan berjalan dengan baik, berkat management yang baik pula,” Jelas Wabup.

Ketua Umum Japnas Kabupaten Sergai Rita Maizar mengatakan, Japnas dimulai dengan budaya transparansi dengan cerita jujur. Alasan yang membuat organisasi ini baru hari ini berdiri di Sergai, tidak lebih karena kumpulan para pejuang yang menginginkan kemandirian ekonomi bangsa. Awalnya gagasan pendirian Japnas Sergai berasal dari obrolan keprihatinan terhadap tingginya minat generasi muda menjadi ASN. (willy)
Komentar

Berita Terkini