Bupati H Surya, Pimpin Rapat Koordinasi Bidang Pendidikan

Media Apakabar.com
Kamis, 13 Februari 2020 - 17:15
kali dibaca

Mediaapakabar.com-Sekarang Pemerintah Kabupaten Asahan terus berusaha melakukan berbagai terobosan guna meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Kabupaten Asahan'.

Penyampaian tersebut dikemukakan Bupati Asahan H.Surya Saat memimpin rapat koordinasi bidang pendidikan tahun 2020,Kamis (13/2/2020) bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan.

"Upaya untuk memajukan dunia pendidikan terus Kita lakukan dengan menjalin kerjasama melalui beberapa pihak khususnya pada bidang pendidikan" ujar H.Surya.

Dalam kesempatan rapat tersebut Bupati Asahan menhemukakan beberapa hal terkait peningkatan kualitas mutu pendidikkan dan guru yang ada di Kabupaten Asahan.

Lebih lanjut H.Surya menjelaskan bahwa  saat ini Pemkab Asahan telah melakukan MoU atau kerjasama dengan pihak Tanoto Foundation dalam mewujudkan program "Pintar". Dimana program tersebut adalah merupakan salah satu program pengembangan inovasi dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran dengan membentuk 24 sekolah model tingkat SD/MI dan SMP/MTs.

Kemudian kita telah melaksanakan kerjasama dengan Yayasan Literasi Indonesia untuk program peningkatan Literasi di Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah pada 12 Sekolah yang berada di Kecamatan Air Joman dan Kecamatan Silau Laut.

Selanjutnya pada bulan Januari 2020 kemarin, Kita Pemkab Asahan telah melakukan MoU atau kerjasama dengan Putra Sampoerna Foundation (PSF) untuk program bantuan pendidikan beasiswa gratis penuh bagi para siswa SLTA untuk dapat kuliah di Arizona University Amerika Kampus Indonesia Sampoerna University.

Selain itu,Kita juga telah melakukan kerjasama Program Teacher Learning Centre atau Pusat Belajar Guru.Dimana tujuannya adalah untuk memberikan pendidikan dan pelatihan khusus kepada para guru agar dapat berinovasi melalui pengembangan metode pembelajaran yang lebih baik dan kreatif.

" Intinya Kita akan terus berupaya mencari peluang-peluang dari berbagai pihak untuk  dapat mendukung kita dalam upaya meningkatkan SDM  maupun mutu pendidikan di Asahan yang kita cintai ini," kata H.Surya.

Maka untuk mewujudkan hal itu, H. Surya minta kepada para Kepala Sekolah agar dapat melaksanakan tugas yang diamanahkan untuk mengelola sekolah dengan baik.

"Kelola lah sekolah dengan baik dan penuh  amanah,tingkatkan mutu pelayanan pendidikan dengan menerapkan pola 3 T yaitu Tertib Administasi Tertib Anggaran dan Tertib Bertugas.

Sebab jika pola 3 T diterapkan akan dapat memperoleh hasil yang maksimal guna mewujudkan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Asahan yaitu mewujudkan masyarakat Asahan yang Religius, Sehat, Cerdas dan Mandiri,ucap H.Surya.

Oleh karena itu, melalui forum rapat koordinasi ini, Saya minta semua Stock holder agar dapat menyatukan persepsi tentang tugas pokok dan fungsi pejabat administrator maupun pejabat pengawas khususnya di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan.

Hal ini saya tegaskan supaya kita  dapat memberikan informasi terkait dengan perencanaan, pembangunan maupun tujuan  bidang Pendidikan, sebut Bupati Surya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan Drs. Sofian, M. Pd dalam rapat tersebut menyampaikan bahwa peserta rapat yang hadir mencapai 499 orang. Peserta tersebut terdiri dari  25 orang jajaran dinas, baik itu koordinator pengawas, koordinator penilik dan Satuan Pendidik Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar 3 orang
Kemudian koordinator wilayah bidang pendidikan kecamatan 25 orang, Kepala TK Negeri 3 orang, Kepala SD Negeri 384 orang dan Kepala SMP Negeri sebanyak 59 orang.

Selain itu, Sopian merincikan bahwa saat ini jumlah guru Sekolah Negeri dibawah binaan Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan untuk guru PNS sebanyak 3.497 orang. Sedang guru Non PNS yang terdiri dari guru honorer komite sebanyak 2.331 orang dan untuk guru Eks K2 sebanyak 95 orang dengan jumlah seluruhnya 5.923 guru,terangnya..(Depram)

Share:
Komentar

Berita Terkini