|

Sedih! Tidak Pernah Sarapan, Banyak Siswa SDN Bidaracina 05 Kerap Pingsan

Kali Dibaca



ilustrasi
Mediaapakabar.com-Di wilayah Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta Timur, tampaknya masih banyak orangtua yang kurang mampu. Pasalnya, banyak siswa yang dalam setiap upacara pingsan akibat tak pernah sarapan di rumah mereka karena keterbatasan ekonomi.
Hal itulah yang sering terlihat di SDN Bidaracina 05 pada setiap Senin, saat upacara bendera. Sempat ada 10 siswa yang harus dibawa ke ruangan Unit Kesehatan Sekolah (UKS) dan dua orang di antaranya langsung pingsan.
Kepala SDN Bidara Cina 05, Sudarto mengatakan, hampir setiap pelaksanaan upacara bendera selalu ada murid yang pingsan. "Banyak yang enggak kuat upacara dan akhirnya pingsan. Pas saya tanya kenapa, mereka mengaku karena di rumahnya enggak sarapan," katanya, Rabu (29/1/2020).
Menurut Sudarto, faktor ekonomi keluarga yang menjadi penyebab banyak murid SDN Bidara Cina 05 terkapar. Hal itu terjadi karena para murid tak dapat menikmati sarapan sebelum pergi sekolah.
"Karena tak sarapan makanya jadi nggak kuat ketika upacara, biasanya bisa 10 orang yang tak kuat, dua diantaranya langsung pingsan," ujarnya.
Selama ini, kata Sudarto, pihak sekolah pun tak dapat berbuat banyak karena mayoritas guru di tempatnya masih berstatus pegawai kontrak kerja individu (KKI). Sebisanya, sejumlah guru membantu mereka. 

Sumber : Poskota.id
Komentar

Berita Terkini