|
Follow Us :

Peranan Guru Sangat Penting Untuk Peningkatan Kualitas SDM Bangsa

Kali Dibaca

Mediaapakabar.com-Bupati Langkat Terbit Rencana PA menyatakan, guru sangat penting dalam upaya meningkatkan kualitas SDM bangsa, dan mencapai kesejahteraan serta kemakmuran manusia.

Hal itu, disampaikan melalui Asisten II Ekbangsos Hermansyah, saat memimpin apel gabung ASN dijajaran Pemkab Langkat, di Halaman Kantor Bupati Langkat, Stabat, Senin (20/1/2020).

Karena, sambung Hermansyah, untuk menuju penguasaan teknologi, negara harus memiliki sistem pendidikan yang baik dan berorientasi masa depan. Sebab penguasaan teknologi akan menentukan maju dan makmur sebuah negara. 


"Jadi untuk mencapai itu semua, tak terlepas dari ekosistem guru, " ungkapnya.

Selain itu, kata Hermansyah, penguatan pendidikan karakter, juga memiliki peranan sangat penting untuk kemajuan sebuah bangsa. Sebab pendidikan karakter mampu mengenali diri, membentuk sifat serta etika dan moral yang baik warga negara.

Penguatan karakter ini, sambung Hermansyah, juga menjadi program prioritas Presiden RI Joko Widodo, yang disebutkan dalam nawa cita, bahwa pemerintah akan melakukan revolusi karakter bangsa.

Untuk itu, tegas Asisten II, Dinas Pendidikan Kabupaten Langkat harus menerapkan pendidikan karakter sesuai porsi yang ditentukan, yakni Sekolah Dasar sebesar 70 persen dan Sekolah Menengah Pertama 60 persen.

Sembari menjelaskan, salah satu perlunya pendidikan karakter, karena semakin maraknya kasus pelanggaran norma dan hukum yang dilakukan pelajar dan mahasiswa. 
Serta banyaknya kejahatan dilakukan oleh meraka yang berkerah putih dan berdasi yakni individu yang berintelektual tinggi. (rel/dn) 

Komentar

Berita Terkini