|

Pemko Medan Gelar Rapat Koordinasi Persiapan MTQ ke 53 Kota Medan

Kali Dibaca

Mediaapakabar.com-Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution diwakili Asisten Pemerintahan (Aspem) Setdako Medan Musadad Nasution menginstruksikan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD)agar mempersiapkan segala keperluan tekhnis kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) secara rinci sehingga nantinya dapat berjalan lancar dan sukses.

Instruksi ini disampaikan Aspem dalam Rapat Koordinasi MTQ di Balai Kota Medan, Rabu (29/1). Hal tersebut menyusul akan digelarnya MTQ ke 53 Kota Medan Tahun 2020 di Jalan Ngumban Surbakti, Lingkungan II, Kelurahan Sempakata, Kecamatan Medan Selayang. Direncanakan, event pemuliaan kitab suci Al-Quran ini akan berlangsung sejak 15-22 Februari mendatang.

Selain OPD di lingkungan Pemko Medan yang hadir diantaranya Dinas Pekerjaan Umum (PU), Dinas Kebersihan & Pertamanan (DKP), Dinas Perdagangan, Satpol PP, Dinas Pariwisata, Dinas Kebudayaan,unsur PKK, serta pihak Kecamatan se-Kota Medan khususnya Medan Selayang, rapat yang digelar melalui Bagian Agama Setdako Medan juga diikuti perwakilan dari Kodim 02/01 BS, Polrestabes Medan, Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kota Medan dan pihak Event Organizer (EO).

Memulai arahannya, Aspem meminta pihak EO menjabarkan gambaran susunan tempat di lokasi acara.  Selain itu juga diminta mengungkapkan kendala yang dijumpai agar solusinya dapat dicari bersama-sama. "Meskipun sudah berulang kali kita laksanakan, namun persiapan matang harus dilakukan dan dipastikan. Sebab, Bapak Plt Wali Kota berharap pelaksanaan MTQ tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya," kata Aspem.

Usai pemaparan oleh EO, Aspem kemudian meminta Dinas PU Kota Medan untuk memperhatikan kondisi jalan baik dari dan menuju lokasi acara. Selain itu juga, kondisi lokasi harus benar-benar diperhatikan. "Perubahan cuaca yang berubah menuntut kita untuk lebih ekstra memperhatikan lokasi acara. Pastikan jangan sampai ada jalan yang becek dan berlumpur jika hujan turun. Segera lakukan penimbunan sebagai antisipasinya," bilangnya.

Lalu kepada DKP, Aspem meminta agar melihat dan memastikan kondisi lampu penerangan jalan umum (LPJU). Apalagi nantinya MTQ akan berlangsung hingga malam hari. Dengan demikian, para qori dan qoriah serta masyarakat yang hadir dapat mengikuti rangkaian kegiatan dengan aman dan nyaman. Di samping itu lanjutnya, petugas kebersihan juga harus dipersiapkan agar lokasi acara tetap dalam keadaan bersih.

Selanjutnya, Aspem menuturkan bahwa pagi harinya akan dilakukan pawai ta'aruf yang diikuti peserta dari seluruh kecamatan se-Kota Medan. Terkait hal tersebut, Aspem meminta Dishub Kota Medan berkoordinasi dengan pihak Kodim 02/01 BS, Polrestbes Medan dan Satpol PP untuk menyiapkan personil di ruas jalan lokasi pawai.

"Jangan sampai kegiatan yang digelar mengganggu kenyamanan masyarakat. Segera mungkin selesaikan gambaran rekayasa lalu lintas agar dapat kita sosialisasikan ke masyarakat. Dengan begitu, masyarakat dapat menghindari jalan lokasi acara dan mencari jalan alternatif lain sehingga tidak terjadi kemacetan," pesannya.

Satu-persatu OPD tidak luput dari perhatian Aspem. Tujuannya agar seluruh pihak terkait dapat saling berkoordinasi sehingga meminimalisir kekurangan dan kesalahan pada pelaksanaan. "Kami berharap, kita semua dapat menjalankan tupoksinya dengan penuh tanggung jawab. Semoga yang kita lakukan menjadi nilai kebaikan dan berbuah keberkahan bagi kita semua," harapnya. (rel/dn) 
Komentar

Berita Terkini