Pemko Medan Dukung Perekrutan Petugas PPK

Media Apakabar.com
Selasa, 14 Januari 2020 - 22:40
kali dibaca

Mediaapakabar.com-Pemko Medan bersama KPU Kota Medan menggelar Rapat Pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dalam Pemilihan Wali Kota - Wakil Wali Kota Medan Tahun 2020 di Ruang Rapat III Kantor Wali Kota Medan, Selasa (14/1). Rapat ini digelar untuk menjelaskan tupoksi PPK di 21 kecamatan serta sekretariat PPK dalam mensukseskan pelaksanaan Pilkada Medan 2020.

Rapat dipimpin Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Asisten Pemerintahan dan Sosial (Aspem) Setda Kota Medan Musaddad Nasution. Diharapkan pemilihan petugas PPK dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan yang diharapkan.

Dikatakan Aspem, Pemko Medan siap mendukung penuh perekrutan petugas PPK serta sekretriat PPK nantinya. Disamping itu, petugas PPK yang telah terpilih lewat seleksi nantinya dapat menjalankan tugas sesuai dengan tupoksinya sehingga seluruh proses tahapan pemilu dapat berjalan dengan lancar," ungkap Musaddad.

"Kota Medan dalam waktu dekat ini akan melaksanakan Pemilihan Wali Kota - Wakil Wali Kota Medan Tahun 2020. Ada banyak hal yg akan disampaikan KPU tentunya. Pemko Medan sebagai ujung tombak tidak ada kendala bagi pelaksanaannya, sehingga dapat mewujudkan Medan Rumah Kita," kata Musaddad.

Sementara itu Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan Agussyah R Damanik mengatakan pihaknya akan melakukan perekrutan PPK mulai 15 Januari hingga 14 Februari 2020.

"KPU Kota Medan akan membuka pendaftaran calon PPK mulai tanggal 15 Februari sampai 14 Maret 2020. Nantinya terkait perekrutan PPK akan ditempelkan di masing-masing Kantor Camat, maka dari itu kami meminta kepada para Camat agar dapat mensosialisasikan kepada masyarakat luas," jelas Agus.

Disamping itu, Agus mengungkapkan bahwa petugas PPK serta sekretariat PPK yang akan di rekrut nantinya baru atau hanya satu periode, dalam arti jika pada pemilu tahun sebelumnya telah menjadi petugas PPK,  maka di pemilu ini tidak diperbolehkan lagi. Selain itu juga pemilihan petugas PPK akan dilaksanakan secara terbuka.

"Kami berharap melalui mekanisme ini kedepannya ada banyak masukkan masyarakat mengenai calon PPK. Akan ada kanal tersendiri bagi masyarakat menyampaikan masukkan. Terkait pemilihan petugas PPK yang hanya satu periode saja dikarenakan kita ingin mencari petugas yang betul-betul standard dan tanpa ada rekomendasi dari pihak kelurahan," harapnya.(rel/dani)
Share:
Komentar

Berita Terkini