|

Pangdam I/BB Hadiri Rapim TNI - Polri Tahun 2020

Kali Dibaca




Mediaapakabar.com-Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis didampingi Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, dan Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna membuka Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri tahun 2020 yang dihadiri oleh seluruh pejabat utama TNI-Polri diantaranya Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah, Rapim ini membahas sejumlah agenda di tahun 2020 mulai dari pengamanan Pilkada serentak sampai gelaran PON 2020 di Papua bertempat GOR Ahmad Yani Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur pada Selasa (28/1/2020).

Panglima TNI dalam sambutannya menjelaskan Rapim TNI-Polri merupakan kelanjutan dari Rapim di Kementerian Pertahanan (Kemhan) beberapa waktu lalu. Rapim ini melanjutkan pembahasan strategi pengamanan Pilkada serentak 2020 agar berjalan sukses.

Adapun tema yang diangkat adalah "Dilandasi profesionalitas, soliditas, dan sinergitas, TNI-Polri siap mengamankan Pilkada Serentak 2020 serta mengawal pembangunan nasional dalam rangka menuju Indonesia maju."

"Tema tersebut saya nilai sangat sesuai untuk mengantisipasi dinamika fenomena global yang menghadirkan bentuk ancaman nyata yang sulit diprediksi dan dapat berimplikasi langsung kepada stabilitas regional maupun domestik," ujar Hadi.

Lebih lanjut Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan kepada jajaran unsur-unsur TNI disuluruh wilayah untuk tetap memegang netralitas TNI tidak berpolitik praktis, Marsekal Hadi juga memastikan kesiapan jajaran TNI untuk membackup Polri dalam pengamanan Pilkada serentak 2020 dan PON 2020 dan Kita harapkan pelaksaan Pon nantinya semuanya bisa berjalan dengan damai tanpa adanya gangguan, keamanan di wilayah tersebut, khususnya di wilayah Papua,” ucapnya.

Selain itu, Rapim tersebut juga membahas terkait antisipasi bencana alam khususnya banjir dan longsor akibat curah hujan tinggi.

"Mengantisipasi fenomena alam yaitu hujan dengan intensitas cukup tinggi di wilayah timur, TNI dan polri siap dikerahkan apabila terjadi tanah longsor dan banjir. Kita juga membaca kemungkinan adanya kemarau panjang yang akan berakibat pada gagal panen sehingga TNI polri siap untuk membantu masyarakat di wilayah-wilayah apabila prediksi bila ancaman itu benar-benar terjadi," kata Hadi.

Di tempat yang sama, Kapolri Jenderal Idham Azis menyampaikan kesiapan Polri dalam pengamanan Pilkada serentak 2020 dan PON 2020. Jenderal Idham juga menegaskan sinergitas TNI-Polri siap untuk mengawal seluruh program-program pemerintah.

“Apa yang tadi telah disampaikan bapak Panglima, prinsipnya Polri didukung penuh oleh teman-teman TNI untuk melaksanakan pengamanan Pilkada serentak nantinya PON 2020 di Papua, serta seluruh program pembangunan yang dicanangkan pemerintah,” ucap Kapolri Idham

Rapat tersebut turut dihadiri Panglima TNI Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis, Para PJU Angkatan Darat, PJU Angkatan Udara, PJU Angkatan Laut dan PJU Polri.(rel/dn)

Komentar

Berita Terkini