Mengejutkan, Ini Manfaat Nonton Film Horor

armen
Senin, 27 Januari 2020 - 08:30
kali dibaca



Manfaat Mengejutkan Nonton Film Horor (Oneinchpunch/Shutterstock)
Mediaapakabar.com-Film horor ternyata memiliki manfaat yang bagus untuk diri Anda. Meski seram, film horor juga membuat tubuh Anda sehat.

Ketika nonton film horor, jantung selalu berdebar kencang dan napas jadi lebih terengah-engah. Bahkan sampai ada yang ingin pingsan. Tapi sebenarnya, nonton film horor tak melulu mendatangkan efek negatif. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa film horor ternyata memiliki manfaat positif bagi tubuh. Jadi, jika Anda gemar menonton film horor, jangan ragu datang ke bioskop.

Film horor terbaru yang saat ini sedang tayang di bioskop Indonesia adalah "The Nun". Bagi Anda yang mengikuti sekuel film “The Conjuring”, nama hantu Valak yang menyeramkan pasti tidak mengherankan lagi.

Meski menyeramkan dan banyak memberi kejutan-kejutan, film horor ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa film horor dapat memberi efek positif bagi kesehatan Anda dengan cara yang mungkin tidak terbayangkan sebelumnya.

Dilansir Medicareful, berikut manfaat kesehatan dari nonton film horor:

Membakar kalori
Satu studi dari University of Westminster menunjukkan bahwa duduk selama 90 menit menonton film horor dapat membakar lebih banyak kalori daripada film dengan ketegangan rendah. Para peneliti memantau denyut jantung para peserta, termasuk kadar stres mereka saat menyaksikan film horor. Stres yang dialami peserta meningkatkan detak jantung dan memberikan aliran adrenalin.

Jadi, film horor mana yang paling banyak membakar kalori? Menurut para peneliti, film besutan Stanley Kubrick, “The Shining” (1980), bisa membakar 184 kalori. Itu kira-kira sama dengan 30 menit berjalan kaki!

Membantu menghapus rasa cemas dan takut
Film horor juga dapat membantu orang yang memiliki tingkat kecemasan tinggi. Dalam wawancara dengan Broadly, Dr. Mathias Clasen menjelaskan bagaimana film yang menakutkan membantu Anda mengatasi kekhawatiran.

Clasen mengungkap bahwa nonton film horor memberi otak Anda peluang untuk mengatasi kecemasan dan melepaskan ketegangan. Studi juga menunjukkan bahwa kecemasan yang disebabkan oleh film memiliki hubungan positif dengan beberapa bagian otak.

Salah satu hal yang membuat efek positif ini adalah kenyataan bahwa film akan berakhir. Tokoh protagonis mungkin dibunuh oleh monster, tetapi Anda masih aman. Ini akan memberikan rasa kontrol, yang penting bagi orang dengan kecemasan tinggi.

Bisa meningkatkan imunitas
Film horor dapat membuat Anda merasa lebih baik dan lebih sehat. Temuan lain yang mengaitkan film horor dengan pembakaran kalori menjelaskan bahwa film horor memperkuat sistem kekebalan. Alasannya adalah menonton film horor akan meningkatkan leukosit, yang melindungi tubuh terhadap penyakit menular dan virus asing.

Peneliti membagi peserta penelitian menjadi dua kelompok. Peserta pertama menonton film horor yang tidak pernah dilihat sebelumnya yaitu “Texas Chainsaw Massacre” produksi tahun 1974. Kemudian kelompok lainnya berada di dalam kamar untuk jumlah waktu yang sama. Setelah itu, sampel darah diambil dan dipelajari. Para ilmuwan menemukan bahwa kelompok pertama mengalami peningkatan leukosit yang signifikan.

Sekarang semuanya dikembalikan kepada diri Anda masing-masing. Jika Anda memiliki rasa takut yang sangat berlebih, lebih baik jangan dipaksakan untuk nonton film horor. Akan tetapi, bila Anda cukup bernyali, sekali-kali bolehlah film horor dijadikan pilihan. Selain seru, juga berguna untuk membakar kalori dan meningkatkan imunitas. Selamat menonton!



Sumber : Klikdokter.com
Share:
Komentar

Berita Terkini