|

Jadi Negara Keenam, India Sukses Daratkan Tejas di Kapal Induk

Kali Dibaca


Tejas
Mediaapakabar.com-India membuat langkah maju dalam pembangunan jet tempur berbasis kapal induk setelah prototipe jet tempur ringan Tejas-N  varian naval berhasil membuat pendaratan pertama di dek kapal induk INS Vikramaditya,

Jet tempur yang dibangun di dalam negeri tersebut mendapat dengan sempurna di landasan kapal dan berhenti dengan cepat. Sebagaimana dilaporkan NDTV dengan keberhasilan ini India menjadi negara keenam yang berhasil membangun jet tempur berbasis kapal induk. Negara lain adalah Amerika Serikat, Rusia, Inggris, Prancis dan China.
Mengutip sumber sebagaimana dilaporkan NDTV, prototipe jet tempur itu selanjutnya akan melakukan pengujian lepas landas dari kapal induk dengan menggunakan ski jump.
Meski demikian, India belum berencana untuk membangun jet tempur ini dan hanya menjadikannya sebagai demonstrator untuk menguji teknologi. Sejauh ini sayap tempur kapal induk India masih diisi oleh jet tempur MiG-29 buatan Rusia.
Sebelum pengujian di dek kapal induk, Tejas varian naval ini telah melakukan pendaratan di darat dengan tali pengait. Dalam pengujian yang dilakukan September 2019 tersebut, jet tempur itu hanya butuh waktu dua detik untuk berhenti total dari kecepatan 244 km/jam saat menyentuh landasan.
Dalam pengujian di Fasilitas Shore-Based Test Facility di Goa tersebut jet tempur juga hanya membutuhkan landasan sepanjang 87 meter.
Salah satu masalah teknis utama yang dapat berdampak pada pengembangan LCA-N adalah bahwa peralatan penangkapan pada INS Vikramaditya memiliki perbedaan desain utama dari peralatan yang dipasang di fasilitas pengujian di Goa.(Jejaktapak)

Komentar

Berita Terkini