BupatiLangkat Mengajak Keterlibatan Stakeholder Cegah Stunting

Media Apakabar.com
Rabu, 15 Januari 2020 - 22:43
kali dibaca

Mediaapakabar.com-Bupati Langkat Terbit Rencana PA  mengajak keterlibatan semua pemangku kepentingan (Stakeholder ) di Kabupaten Langkat untuk bersama mencegah dan menurunkan angka stunting.

Disampaikan Sekdakab Langkat dr.H. Indra Salahudin saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) pencegahan dan penurunan stunting, di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat, Rabu (15/1/2020).

Sekda sangat berharap penanganan stunting  dilakukan secara bersama dengan penguatan komitmen  serta koordinasi antar OPD , lintas sector, para Camat, Kades dan Lurah, melalui dana APBN, APBD, Dana Desa dan kelurahan, CSR serta sumber lainnya.

Dimulai dari, sambung Sekda, tahap perencanaan, penganggaran, pelaksanaan  hingga pemantauan sebagai pedoman Pemda dan seluruh pemangku kepentingan.

“Agar seluruh generasi Langkat terbebas dari stunting,  hingga mampu membawa SDM Langkat yang sehat , cerdas dan produktif,” pintanya.

Sembari menghimbau, Rakor ini menjadi momentum  untuk mengevaluasi seluruh upaya yang telah dilakukan melalui intervensi penurunan stunting secara terintegritas dan bertahap.

Sementara, Kepala Bapeda Langkat H Sujarno, pada laporannya, menegaskan, bahwa Pemkab Langkat sangat serius dalam mengatasi permasalahan stunting  melalui intervensi spesifik dan sensitive. Maksudnya, sambung Sujarno menjelaskan, intervensi spesifik diarahkan untuk mengatasi penyebab langsung dan tidak langsung, seperti masalah gizi. Sedangkan intervensi sensitive diarahkan untuk mengatasi akar masalahnya dan sifatnya jangka panjang.

Rakor dihadiri seluruh SKPD, Camat, Kades/Lurah di jajaran Pemkab Langkat serta pihak terkait lainnya.(rel/dn)
Share:
Komentar

Berita Terkini