|

Awas! Siluman di Perbatasan Indonesia, Amerika Izinkan Singapura Beli 12 F-35B

Kali Dibaca


F-35B/ USMC
Mediaapakabar.com-Singapura hampir bisa dipastikan menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang akan menerbangkan jet tempur generasi kelima. Itu artinya jet tempur siluman akan berkeliaran sangat dekat dengan Indonesia.

Departemen Luar Negeri Amerika telah menyetujui kemungkinan penjualan 12 jet tempur F-35B ke Singapura dalam kesepakatan senilai lebih dari US$2,7 miliar.
“Departemen Luar Negeri telah membuat keputusan untuk menyetujui kemungkinan Penjualan Militer Asing ke Singapura hingga 12 pesawat lepas landas pendek dan pendaratan vertikal F-35B dan peralatan terkait dengan perkiraan biaya US$ 2,750 miliar,” kata Defence Security Cooperation Agency (DSCA) dalam rilisnya Kamis 9 Januari 2020.
Awal bulan ini, Defence Contract Management Agency (DMCA) Pentagon mengatakan bahwa Lockheed mengirim 134 jet tempur pada tahun 2019. Sejak tahun 2016, 458 jet telah dikerahkan dari sekitar 3.500 pembelian yang direncanakan oleh Amerika dan sekutunya, dari Australia ke Polandia.
Tahun lalu, Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen mengumumkan bahwa negara tersebut akan mengirimkan surat permintaan kepada pemerintah Amerika untuk membeli empat F-35B dengan tujuan akhirnya membeli 12.
Dalam dalam kesepakatan yang diusulkan juga mencakup hingga 13 mesin Pratt & Whitney F135, peperangan elektronik dan sistem komunikasi yang tidak ditentukan, peralatan pelatihan, dan Sistem Informasi Logistik Autonomis yang digunakan untuk perencanaan misi, pemeliharaan, dan fungsi logistik lainnya.
“Penjualan yang diusulkan ini akan mendukung kebijakan luar negeri dan tujuan keamanan nasional Amerika Serikat. Singapura adalah sekutu strategis dan Mitra Kerjasama Keamanan Utama dan kekuatan penting bagi stabilitas politik dan kemajuan ekonomi di kawasan Asia Pasifik, ”kata DSCA sebagaimana dilaporkan Defense News.
“Penjualan F-35 yang diusulkan ini akan menambah inventaris pesawat terbang operasional Singapura dan meningkatkan kemampuan pertahanan diri udara ke udara dan udara ke darat, menambah pencegahan yang efektif untuk mempertahankan perbatasannya dan berkontribusi pada operasi koalisi dengan sekutu lainnya dan pasukan mitra. ”
Singapura biasanya membeli pesawat tempurnya dalam jumlah kecil. Jika negara bergerak maju dengan membeli F-35, kemungkinan akan menggunakan jet-jet itu untuk mulai mengganti armada 60 pesawat tempur Lockheed Martin F-16C / D Blok 52/52 +, dan pesanan F-35 lebih lanjut kemungkinan akan dilakukan.
Sebuah kontrak dengan Lockheed Martin akan menjadikan Singapura negara ke-12 yang membeli F-35, mengikuti Australia, Belgia, Denmark, Israel, Italia, Jepang, Belanda, Norwegia, Korea Selatan, Inggris, dan Amerika Serikat.
Kanada, mitra program F-35, belum berkomitmen untuk membeli jet, sementara Turki ditangguhkan dari program ini tahu lalu karena keputusannya untuk membeli sistem pertahanan udara S-400 Rusia.(Jejaktapak)
Komentar

Berita Terkini