|

Angkatan Laut Malaysia Mulai Terima Kapal Kelas Keris

Kali Dibaca


KD Keris
Mediaapakabar.com-Malaysia menerima kapal perang pertama dari empat Littoral Mission Ships (LMS) yang dibeli dari China. KD Keris (dengan nomor 111) secara resmi disambut di pangkalan angkatan laut Sepanggar di Kota Kinabalu terletak di negara bagian Sabah 17 Januari 2020.

Kapal sepanjang 68,8 m ini diserahkan pada upacara yang diadakan pada 6 Januari di fasilitas Wuchang Shipbuilding di Qidong, dekat Shanghai. Kapal kedua telah diserahkan pada 31 Desember 2019 dan meninggalkan Qidong pada 8 Januari menuju Sepanggar.
Kepala Angkatan Laut Malaysia, Admiral Mohd Reza Mohd Sany sebagaimana dilaporkan Jane mengatakan kelas Keris memiliki 45 kru dan memiliki daya tahan 15 hari di laut. Dia menambahkan LMS kedua yang diberin nama KD Sundang, diharapkan tiba April ini di pangkalan Sepanggar yang juga berfungsi sebagai markas untuk Armada Timur Angkatan Laut Malaysia.
Adm Mohd Reza mengatakan bahwa masuknya layanan kedua LMS akan memberi Angkatan Laut Malaysia lebih banyak pilihan untuk melakukan operasinya di perairan Sabah dan Sarawak.
Kapal-kapal akan meringankan beban angkatan laut, yang dibebani dengan biaya perawatan tinggi karena armada yang ada rata-rata berusia 30 tahun.
Kepala Angkatan Laut Malasia juga mengatakan bahwa dua LMS yang tersisa, yang belum disebutkan namanya, diharapkan akan tiba di Sepanggar pada bulan Mei dan Agustus 2021.(Jejaktapak)
Komentar

Berita Terkini