Akhyar: Kepedulian Lingkungan Cerminan Diri Insan Bertaqw

Media Apakabar.com
Senin, 06 Januari 2020 - 22:17
kali dibaca

Mediaapakabar.com-Pentingnya menanamkan kesadaran dan kepedulian pada kebersihan lingkungan menjadi salah satu bentuk cerminan diri insan yang bertaqwa. Selain itu juga lingkungan yang bersih jadi modal pendukung menyongsong hidup serta masa depan yang lebih baik dan cemerlang menuju Indonesia Maju.

Hal tersebut disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi ketika menjadi Pembina Upacara di Madrasah Tsanawiyah Persiapan Negeri 4 (MTsPN 4) Medan Jalan Jala Raya Perumahan Griya Martubung, Kelurahan Besar, Kecamatan Medan Labuhan, Senin (6/1). Momentum hari pertama masuk sekolah usai libur Natal & Tahun Baru 2020 ini dimanfaatkan Plt Wali Kota untuk bersilaturahmi dan bertatap muka dengan ratusan siswa MTsPN4.

"Senang sekali,berkat Rahmat Allah SWT kita dapat bersama-sama melaksanakan upacara hari pertama masuk sekolah usai libur. Di kesempatan ini saya mengajak kita semua untuk membangun lingkungan yang baik. Sebab, lingkungan yang bersih memberi dampak yang positif bagi kesehatan jasmani dan pikiran serta memberi rasa nyaman dalam proses belajar mengajar," kata Plt Wali Kota.

Selain bersilaturahmi,kehadiran Plt Wali Kota sekaligus untuk mensosialisasikan gerakan sadar lingkungan. Untuk itu, Plt Wali Kota mengingatkan kepada seluruh siswa bahwa kebersihan merupakan tanggung jawab diri masing-masing. Hal kecil yang dapat dilakukan dengan tidak membuang sampah sembarangan termasuk ke dalam parit maupun sungai.

"Anak-anak ku, kelak kalian adalah pewaris Kota Medan ini. Maka dari itu, mulai hari ini kita jaga dan rawat lingkungan kita. Kita bangun peradaban kota kita ini lewat budaya yakni budaya bersih. Jangan lagi membuang sampah di sembarang tempat. Semoga kelak Medan bersih dapat terwujud," harapnya.

Kepada para guru, Plt Wali Kota menghimbau agar dapat menjalankan program Merdeka Belajar sesuai arahan Menteri Pendidikan RI. Lewat Merdeka Belajar artinya para siswa diberi kesempatan untuk mengeksplorasi kemampuan dan bakat yang dimiliki. Maka para guru harus mampu menjadi fasilitatornya.

"Bapak ibu guru, didik anak kita jadi pribadi yang berkarakter sehingga mereka siap dan memiliki bekal untuk menyongsong masa depannya. Bagi anak-anak ku semua, gapailah cita-cita kalian setinggi langit. Bermimpi dan berimajinasilah tentang masa depan yang indah. Namun jangan lupa, untuk mewujudkannya kalian harus terus belajar, isi waktu dengan hal-hal bermanfaat. Semoga kalian semua bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi," ungkapnya.

Di samping menjadi pembina upacara, Plt Wali Kota juga memberikan piala secara simbolis kepada Kepala MTsPN 4 Syarifuddin  atas keberhasilankeberhasilan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) MTsPN 4 keluar sebagai juara 1 Formasi terbaik lomba Paskibraka tingkat nasional di Jakarta beberapa waktu lalu.

Selanjutnya, Plt Wali Kota kemudian menanam sebuah bibit tumbuhan di halaman sekolah sebagai bentuk edukasi penghijauan lingkungan sekaligus ajakan agar senantiasa mencintai alam. Terakhir, Plt Wali Kota menyerahkan seperangkat tong sampah untuk pihak sekolah hasil kerjasama dengan PT. Coca Cola. (rel/dn) 
Share:
Komentar

Berita Terkini