|

Wow! US Navy Teken Kontrak Senilai Rp310 Triliun untuk 9 Kapal Selam Kelas Virginia

Kali Dibaca




Pembangunan SSN Kelas Virginia/War Zone
Mediaapakabar.com-Angkatan Laut Amerika menandatangani kontrak besar senilai US$ 22,2 miliar atau lebih dari Rp310 triliun untuk pembangunan sembilan kapal selam kelas Virginia baru. Sebuah langkah yang diklaim US Navy akan membantu meningkatkan kekuatan Amerika di dalam dan luar negeri.

“Kesepakatan besar dan kuat, yang menyerukan agar proyek memulai langkah-langkah awalnya pada 2019, juga mencakup opsi untuk pembangunan kapal selam ke-10,” kata Angkatan Laut Amerika dalam pengumumannya Selasa 3 Desember 2019.

Jika pejabat angkatan laut menganggap perlu untuk membangun kapal selam tambahan, nilai kontrak bisa mencapai lebih dari US$ 24 miliar. Pengiriman kapal selam baru pertama diharapkan berlangsung pada tahun 2025.

Kontrak tetap diberikan kepada General Dynamics Electric Boat Connecticut dan subkontraktor Huntington Ingalls Industries, divisi pembuatan kapal Newport News di Virginia.

Penguman itu juga menjelaskan bahwa hasil akhir kontrak ini adalah puncak dari kolaborasi substansial antara Angkatan Laut dan pembuat kapal.“Saya sangat bangga dengan pemerintah, pembuat kapal, dan tim pemasok karena Angkatan Laut memberikan kontrak multi-year Virginia Block V hari ini,” kata James F. Geurts, asisten sekretaris Angkatan Laut untuk penelitian, pengembangan dan akuisisi dalam sebuah pernyataan.

“Tim ini mengembangkan kontrak multi-tahun Block V yang memberikan peningkatan signifikan dalam hal daya serang dan kinerja armada untuk mendukung Strategi Pertahanan Nasional sambil juga memastikan kami memaksimalkan penggunaan dolar pembayar pajak.”

“Kontrak multi-tahun juga memberikan stabilitas yang dibutuhkan di pangkalan industri yang penting ini untuk memastikan kami dapat terus mempertahankan keunggulan kompetitif kami dalam perang bawah laut sambil juga memberikan landasan yang kokoh bagi program Columbia untuk dibangun.”

Pernyataan selanjutnya mencatat bahwa delapan kapal selam kelas Virginia baru akan dilengkapi dengan empat tabung besar untuk meningkatkan kapasitas serangan Tomahawk dari 12 menjadi 40 rudal per kapal.

Menurut Associated Press , kapal baru akan memiliki bobot sekitar 10.200 ton dan panjangnya sekitar 460 kaki.

Meskipun tanggal penyelesaian yang diharapkan untuk semua kapal selam adalah pada tahun 2029, ada sedikit kemungkinan bahwa jadwal dapat didorong kembali sebagai hasil dari niat layanan untuk memperkenalkan satu set kapal selam kelas Columbia baru.

Geurts mengatakan kepada wartawan pada hari Selasa bahwa berusaha untuk menyelesaikan kedua pesanan kapal selam pada saat yang sama bukanlah tugas ringan. Pekerja pada kapal selam kelas Virginia dapat ditarik untuk memastikan Columbia berhasil.

Breaking Defense mencatat bahwa jadwal produksi yang sama akan membuat perusahaan mengerjakan satu Columbia dan dua kapal selam kelas Virginia per tahun.
Jadwal pembangunan proyek Columbia akan dimulai pada 2021. Setelah selesai, kapal selam akan menggantikan kapal selam nuklir kelas Ohio yang menua.

Sumber: Jejaktapak.com


Komentar

Berita Terkini